EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

AGUS MASTRIANTO , 1213033003 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1676Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1676Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan observasi pendahuluan di SMA Negeri 17 Bandar Lampung, diketahui minat belajar siswa terbilang rendah. Hal tersebut dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Tutor sebaya yang diharapkan efektiv meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Tutor Sebaya efektiv dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XII IPS1 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 17 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap minat belajar siswa kelas XII IPS1 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 17 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain One Shot Case Study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa indikator minat belajar siswa pada pertemuan ke tiga terdapat 25 siswa masuk kedalam kategori skor minat sedang dengan jumlah presentase sebesar 89,28% dan 3 siswa lainnya masuk kedalam kategori minat tinggi dengan presentase 10,71%. Sedangkan untuk hasil kuesioner efektivitas model pembelajaran tutor sebaya terdapat 18 siswa yang masuk kedalam kategori efektivitas tinggi/ efektive dengan presentase 64,3% dan 10 siswa lainnya masuk kedalam katgeori efektivitas sangat tinggi dengan presentse 35,7%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran tutor sebaya masuk kedalam kategori sangat efektiv untuk meningkatkan minat belajar siswa hal ini dilihat dari perolehan skor minat yang masuk dalam

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LA History of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 07023263 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2017 06:57
Terakhir diubah: 25 Oct 2017 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28883

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir