EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR DAN MEMBERIKAN PENJELASAN LANJUT PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Sudjatmoko, NOVI AYU SAFIRA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR DAN MEMBERIKAN PENJELASAN LANJUT PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (1780Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (634Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (173Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3375Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya keterampilan berpikir kritis-kreatif yang dimiliki siswa dikarenakan banyak sekolah menekankan kemampuan tingkat rendah dalam pembelajaran. Peng-gunaan model problem solving dalam pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrip-sikan efektivitas model problem solving dalam meningkatkan keterampilan dasar dan memberikan penjelasan lanjut pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sam-pling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Fransiskus Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2012-2013 dengan kelas X4 dan kelas X5 sebagai sampel. Efektivitas model pembelajaran problem soving diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Novi Ayu Safira Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan dasar untuk kelas eks-perimen dan kelas kontrol yaitu 0,64 dan 0,53; serta rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan lanjut untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,75 dan 0,56. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan dasar dan memberikan penjelasan lanjut pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan model problem solving lebih tinggi daripada yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan model problem solving efektif dalam meningkat-kan keterampilan dasar dan memberikan penjelasan lanjut pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci : model pembelajaran problem solving, keterampilan dasar, keterampilan memberikan penjelasan lanjut

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 09 Jan 2014 02:31
Terakhir diubah: 09 Jan 2014 02:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir