Sudjatmoko, NOVI AYU SAFIRA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR DAN MEMBERIKAN PENJELASAN LANJUT PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (1780Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (634Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (184Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (173Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (98Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3375Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya keterampilan berpikir kritis-kreatif yang dimiliki siswa dikarenakan banyak sekolah menekankan kemampuan tingkat rendah dalam pembelajaran. Peng-gunaan model problem solving dalam pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrip-sikan efektivitas model problem solving dalam meningkatkan keterampilan dasar dan memberikan penjelasan lanjut pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sam-pling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Fransiskus Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2012-2013 dengan kelas X4 dan kelas X5 sebagai sampel. Efektivitas model pembelajaran problem soving diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Novi Ayu Safira Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan dasar untuk kelas eks-perimen dan kelas kontrol yaitu 0,64 dan 0,53; serta rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan lanjut untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,75 dan 0,56. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan dasar dan memberikan penjelasan lanjut pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan model problem solving lebih tinggi daripada yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan model problem solving efektif dalam meningkat-kan keterampilan dasar dan memberikan penjelasan lanjut pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci : model pembelajaran problem solving, keterampilan dasar, keterampilan memberikan penjelasan lanjut
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 02:31 |
Terakhir diubah: | 09 Jan 2014 02:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/289 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |