EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR DAN MEMBERIKAN PENJELASAN LANJUT PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Sudjatmoko, NOVI AYU SAFIRA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR DAN MEMBERIKAN PENJELASAN LANJUT PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (1780Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (634Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (184Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (173Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3375Kb)

Abstrak

Rendahnya keterampilan berpikir kritis-kreatif yang dimiliki siswa dikarenakan banyak sekolah menekankan kemampuan tingkat rendah dalam pembelajaran. Peng-gunaan model problem solving dalam pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrip-sikan efektivitas model problem solving dalam meningkatkan keterampilan dasar dan memberikan penjelasan lanjut pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sam-pling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Fransiskus Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2012-2013 dengan kelas X4 dan kelas X5 sebagai sampel. Efektivitas model pembelajaran problem soving diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Novi Ayu Safira Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan dasar untuk kelas eks-perimen dan kelas kontrol yaitu 0,64 dan 0,53; serta rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan lanjut untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,75 dan 0,56. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan dasar dan memberikan penjelasan lanjut pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan model problem solving lebih tinggi daripada yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan model problem solving efektif dalam meningkat-kan keterampilan dasar dan memberikan penjelasan lanjut pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci : model pembelajaran problem solving, keterampilan dasar, keterampilan memberikan penjelasan lanjut

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 09 Jan 2014 02:31
Last Modified: 09 Jan 2014 02:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item