ANALISIS PENDAPATAN DAN EFISIENSI PEMASARAN IKAN PATIN DI KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

RAMON MUSIKAL SAZMI , 1214131080 (2017) ANALISIS PENDAPATAN DAN EFISIENSI PEMASARAN IKAN PATIN DI KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1431Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1430Kb)

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pendapatan dan efisiensi pemasaran ikan patin di Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja di Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Data dalam penelitian ini dikumpulkan pada bulan September – November 2016. Penelitian ini menggunakan metode survey. Metode sensus digunakan untuk mengetahui petani patin sedangkan, saluran pemasaran menggunakan metode Snowball Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani ikan patin menguntungkan ini dibuktikan dengan nilai R/C yaitu 2,06 dan pendapatan petani yaitu Rp. 166.942.663,54. Terbentuk 3 saluran pemasaran namun semua saluran tidak efisien. Hal ini dapat dilihat dari nilai farmer’s share kurang dari 70 persen, marjin pemasaran dan rasio profit marjin (RPM) dalam pemasaran ikan patin tidak menyebar merata. Struktur pemasaran ikan patin yaitu pasar persaingan tidak sempurna (oligopsoni). Kata kunci : ikan patin, pendapatan, efisiensi pemasaran. ABSTRACT This study aimed to analyze income and marketing efficiency of catfish in Seputih Raman subdistrict Central Lampung Regency. The research location has been choosen pusposely at Seputih Raman Subdistrict Lampung Regency. Data of this research was collected on September-november 2016. This research used survey method. The census method used to know the farmer’s of patin catfish and the the marketing channel was used by using snowball sampling. The results showed that catfish aquaqulture was profitable because it was proven by R/C value is 2,06 and the farmer’s income is Rp. 166.942.663,54. There was 3 channel of marketing of catfish but all of the channel was inefficient. It is seen from the producers share was less than 70 percent, marketing margin and profit margin ratio (PMR) at marketing of catfish is not prevalent, and then the market structure of catfish in Lampung Tengah district is imperfectly competitive market (oligopsoni). Key words: Catfish, income, marketing efficiency.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: 05642341 . Digilib
Date Deposited: 26 Oct 2017 04:17
Last Modified: 26 Oct 2017 04:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28930

Actions (login required)

View Item View Item