ANALISIS PENGAKUAN NILAI ASET DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah, Kota dan Provinsi di Indonesia)

Ika Novita, 1421031054 (2017) ANALISIS PENGAKUAN NILAI ASET DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah, Kota dan Provinsi di Indonesia). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (2518Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2362Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2300Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK ANALISIS PENGAKUAN NILAI ASET DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah, Kota dan Provinsi di Indonesia) Oleh: Ika Novita Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengakuan nilai aset yang di sajikan dalam laporan keuangan pemerintah daerah, kota dan provinsidi Indonesia dan kualitas laporan keuangan tersebut sebelum dan sesudah penerapan sistem akuntansi berbasis akrual. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan data sekunder. Sampel penelitian sebanyak 430 pemerintah daerah, kota dan provisi di Indonesia untuk tahun 2014-2015. Hasil penelitian menunjukkan signifikasi bahwa adanya perbedaan nilai aset sebelum dan sesudah penerapan sistem akuntansiberbasis akrual dilihat dari nilai mean,sedangkan untuk laporan keuangan sesudah penerapan sistem akuntansi berbasis akrual lebih baik dilihat dari peningkatan opini WTP yang diberikan oleh BPK pada pemerintah daerah, kota dan provinsi di Indonesia. Dalam implementasi SAP Akrual harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian, komitmen polotik yang tinggi dalam pengambilan kebijakan serta persiapan yang matang untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang akuntabel. Kata kunci: nilai aset, kualitas laporan keuangan, sebelum dan sesudah SAP Akrual ABSTRACT ANALYSIS OF RECOGNITION OF ASSET VALUE AND QUALITY OF FINANCIAL STATEMENTS BEFORE AND AFTER APPLICATION OF ACCOUNTING SYSTEM BASED ON AKRUAL (Case Study on Local Government, City and Province in Indonesia) By: Ika Novita This study aims to analyze the recognition of asset value presented in the financial statements of local governments, municipalities and provinces in Indonesia and the quality of these financial statements before and after the implementation of accrual basis accounting system. The type of research used in this study is qualitative with secondary data. The sample of research is 430 local government, city and provision in Indonesia for year 2014-2015. The result of the research shows that the difference of asset value before and after the accrual basis accounting system is seen from the mean value, while for the financial report after the accrual basis accounting system implementation is better seen from the increase of WTP opinion given by BPK to local government, city and province in Indonesia. In the implementation of SAP Accruals must be done with great care, high polotik commitment in policy making as well as careful preparation to realize the accountable state financial management. Keywords: asset value, financial statement quality, before and after SAP Accrual

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > HF Commerce > HF5601 Accounting
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Akuntansi S2
Pengguna Deposit: 27296920 . Digilib
Date Deposited: 26 Oct 2017 06:57
Terakhir diubah: 26 Oct 2017 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28954

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir