ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK GREAT PADA PT TRIJAYA TIRTA DHARMA DI BANDAR LAMPUNG

Hisella Meliyana, 1311011079 (2017) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK GREAT PADA PT TRIJAYA TIRTA DHARMA DI BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2594Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2595Kb) | Preview

Abstrak

PT Trijaya Tirta Dharma adalah salah satu perusahaan yang memproduksi produk AMDK (air minum dalam kemasan) merek Great. Peneliti melakukan penelitian tentang produksi cup 240ml, pada bagian input, proses dan output. Proses produksi pada perusahaan AMDK mempunyai permasalahan pada mesin, karyawan, metode, material, serta lingkungan, sehingga menyebabkan kerusakan pada produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kerusakan paling dominan dan faktor penyebab terjadinya kerusakan, serta mengetahui kerusakan produk cup masih dalam batas kendali. Metode yang digunakan untuk menghitung adalah dengan menggunakan Statistical Process Control (SPC) yang terdiri dari Check Sheet, histogram, peta kendali (P-Chart), diagram pareto, dan diagram sebab akibat sehingga kerusakan produk yang terjadi selama proses produksi dapat teridentifikasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dari perusahaan PT Trijaya Tirta Dharma pada tahun 2017. Berdasarkan data yang ada setelah dilakukan analisis dengan Statistical Process Control (SPC), maka diketahui faktor utama kerusakan produk yakni berasal dari manusia dan mesin. Kerusakan produk paling dominan yaitu lid cup atau cap yang miring yang berasal dari faktor manusia, kemasan bocor dari faktor mesin, isi atau volume air kurang dari faktor manusia dan air kotor atau terkontaminasi dari faktor manusia, dengan demikian diharapkan agar pengendalian kualitas PT Trijaya Tirta Dharma dapat ditingkatkan lagi, pelatihan kerja dan pengawasan terhadap karyawan agar ditingkatkan dan perawatan mesin yang dilakukan secara rutin. Hal ini untuk menjaga kualitas produk agar tetap baik. Kata kunci : Pengendalian kualitas, Metode Statistical Process Control (SPC), AMDK. abstract PT Trijaya Tirta Dharma is one of a company that produce AMDK ( drinking water in packaging ) product brand great. Researcher did research on production 240ml cup, on the input, processes and output. Production process to companies AMDK have the problem in machine, employees, method, material, and environment, causing damage to their products. This study aims to to identify types of damage most dominant and the causes of the damage, and known the damaged products cup still within the limits of control . The methods used is by using statistical process control ( SPC ) consisting of check sheet, histogram, map the control of (p-chart), diagram pareto, and fishbone diagrams so that the damage that occurred during the production process can be identified. Data sources used is primary data and secondary data from the company PT Trijaya Tirta Dharma in 2017. Based on data from after conducted with statistical analysis process control ( SPC), so known the main cause damage the products derived from the man and the machine. Damage most dominant product namely lid cup or shifted stamp derived from factor of man, then leaky packaging derived from machine, contents or the volume of water less derived from man and dirty water or contaminated derived from man, thus expected to control the quality of PT Trijaya Tirta Dharma can be increased again, job training and oversight of our employees to be increased and machine maintenance routinely. This is to maintain the quality of products. Key word : Quality Control, Statistical Process Control (SPC) method, drinking water in packaging (AMDK) .

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: 72129178 . Digilib
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:38
Last Modified: 26 Oct 2017 07:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28960

Actions (login required)

View Item View Item