PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN SCAFFOLDING DENGAN MEMPERTIMBANGKAN JENIS PENUGASAN

DRAJAT KUNCORO, 1423031069 (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN SCAFFOLDING DENGAN MEMPERTIMBANGKAN JENIS PENUGASAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1920Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1642Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS pada kelas VIII di MTsN 1 Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran berdasarkan masalah dibandingkan dengan metode scaffolding dengan mempertimbangkan jenis penugasan proyek dan portofolio. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen desain faktorial 2 x 2. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis pilihan jamak untuk menguji kemampuan berfikir kritis, teknik analisis data menggunakan analisis varian 2 arah dan uji t. Penelitian dilakukan terhadap dua kelas sampel kelas VIII B dan D yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan berfikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode scaffolding berbeda dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah. (2) kemampuan berfikir kritis siswa yang diberikan penugasan proyek berbeda dibandingkan dengan siswa yang diberikan penugasan portofolio. (3) ada interaksi antara metode pembelajaran dengan bentuk penugasan.(4) Keterampilan berfikir kritis siswa yang diberi penugasan proyek lebih tinggi daripada siswa yang diberi penugasan portofolio. (5) kemampuan berfikir kritis siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih rendah daripada siswa yang diajarkan menggunakan metode scaffolding untuk siswa yang diberi penugasan portofolio. (6) kemampuan berfikir kritis siswa yang diberi penugasan proyek lebih tinggi daripada siswa yang diberi penugasan portofolio untuk siswa yang ajarkan menggunakan metode berbasis masalah. (7) kemampuan berfikir kritis siswa yang diberi penugasan proyek lebih rendah daripada siswa yang diberi penugasan portofolio untuk siswa yang diajar dengan metode scaffolding. Kata kunci: kemampuan berfikir krtis, pembelajaran berbasis masalah, scaffolding, jenis penugasan. ABSTRACT The problem in this research is the low of critical thinking ability of student in learning process of IPS in class VIII in MTsN 1 Lampung Selatan. To solve this problem, efforts are made through the application of problem based learning method and scaffolding method by considering the type of assignment (project and portfolio) as moderator variable. This research is a quasi experimental research using 2 x 2 factorial design, the instrument used is multiple choice test, with data analysis using two way variance analysis and t test. The approach used is comparative to two selected sample classes with cluster random sampling method. The results showed (1) the critical thinking ability of the students whose learning using different scaffolding method compared with the students taught using problem-based learning method. (2) students' critical thinking skills given different project assignments compared to students given portfolio assignments. (3) there is an interaction between the learning method and the assignment form (4) The critical thinking skills of the students who are assigned the project are higher than the students assigned the portfolio. (5) students' critical thinking skills taught using problem-based learning are lower than students taught using scaffolding methods for students assigned portfolio assignments. (6) students' critical thinking skills given project assignments are higher than those assigned to portfolio assignments for students who teach using problem-based methods. (7) students' critical thinking skills given project assignments are lower than those assigned to portfolio assignments for students taught by scaffolding methods. Key Word: critical thinking ability, problem based learning, scaffolding, type of assignment.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 32351752 . Digilib
Date Deposited: 28 Oct 2017 02:48
Last Modified: 28 Oct 2017 02:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29001

Actions (login required)

View Item View Item