PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV-A SD NEGERI 59 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SITI ASIFAH, 1513069077 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV-A SD NEGERI 59 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2045Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1675Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewaragengaraan siswa kelas IV SDN 59 Gedongtataan. melalui pendekatan inquiri. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian pertama menunjukkan bahwa siklus I hasil belajar pembelajaran PKn siswa Pada siklus I rata-rata nilai sebesar 68,25, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai sebesar 69,25 mengalami peningkatan sebesar 8,0 dan dapat memenuhi KKM yaitu sebesar 65. Selanjutnya hasil pengamatan aktivitas siswa bahwa pada siklus I respons siswa atau aktivitas siswa saat pembelajaran sebesar (29.5). Selanjutnya pada siklus II respons siswa atau aktivitas siswa saat pembelajaran sebesar (33) dengan tingkat kriteria “baik”. Selanjutnya aktivitas siswa selama pembelajaran PKn sebagai berikut : sebanyak 5 siswa (25%) siswa berkategori sangat aktif, 8 siswa (40%) berkategori aktif, 5 siswa (25%) berkategori cukup aktif dan sisanya sebanyak 16 siswa (2%) berkategori kurang aktif Kata kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Pendekatan Inkuiri

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 06204932 . Digilib
Date Deposited: 31 Oct 2017 08:18
Last Modified: 31 Oct 2017 08:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29011

Actions (login required)

View Item View Item