PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

MISRODIN, 1523053028 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1877Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1578Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD menggunakan model pembelajaran inkuiri yang efektif bagi siswa kelas IV SD dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development R&D), dengan pendekatan ASSURE (Analyze Learner, State Objectives, Select Method Media Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, Evaluate and Revise). Alat pengumpul data menggunakan lembar angket, soal pilihan ganda dan uraian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak bertingkat (Multistage Random Sampling). Data dianalisis menggunakan rumus Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) LKPD menggunakan model pembelajaran inkuiri layak digunakan sebagai bahan ajar pendamping dalam mengembangkan materi pembelajaran pada siswa kelas IV; dan 2) Hasil uji coba produk pada kelas eksperimen dan kelas kontrol membuktikan bahwa hasil belajar siswa yang mengunakan LKPD menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengunakan LKPD konvensional. Kata Kunci :lembar kerja peserta didik, model pembelajaran inkuiri, hasil belajar DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET USING INQUIRY LEARNING MODEL TO INCREASE LEARNING RESULT STUDENT CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL This study aimed to development worksheet using effective inquiry learning model for fourth grade students of elementary school and know the difference of student learning result. The method used was research and development (R & D), with ASSURE approach (Analyze Learner, State Objectives, Select Methods Media Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, Evaluate and Revise). The result collection tools used questionnaires, multiple choice questions and descriptions. Sampling was done by multistage random sampling technique. The result were analyzed using Test formula t. The results showed that: 1) worksheet using feasible inquiry learning model is used as a companion teaching materials in developing learning materials in fourth grade students; and 2) The product test result in the experimental class and control class proves that the learning outcomes of students using worksheet use inquiry model is higher compared with students using conventional worksheet. Keywords : worksheet, inquiry learning model, Learning result

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 11923121 . Digilib
Date Deposited: 15 Nov 2017 08:30
Terakhir diubah: 15 Nov 2017 08:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29041

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir