PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS BERMAIN PERAN UNTUK PEMAHAMAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

JANIE IRMA SURYANI, (1420353042) (2017) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS BERMAIN PERAN UNTUK PEMAHAMAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1509Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1445Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk RPP berbasis bermain peran yang tepat bagi siswa kelas IV SD dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang difokuskan pada pemahaman nilai-nilai demokrasi. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Alat pengumpulan data menggunakan lembar angket dan tes soal berupa essay. Populasi penelitian ini 449 siswa dan sampel 60 siswa. Data analisis menggunakan Uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP berbasis bermain peran valid dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai oleh kelompok siswa kelas IV SD yang menggunakan RPP berbasis bermain peran lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan RPP konvensional. Kata Kunci: RPP, Bermain Peran, Hasil Belajar Nilai-Nilai Demokrasi. abstract The aim of this research is to produce a lesson plan based on role playing that proper for 4th grade students and to know the difference of learning result between the students which focused on democracy values understanding. The method that used in this research is Research & Development (R&D). The collecting data tool using questionnaire and essay test. Population for this research are 449 students and 60 students is chosen as sample. Data analysis using t-Test. The result of this research shows that lesson plan based on role playing valid and effective used as instructional set in improving student leaning result. Hypothesis testing also shows that learning result that achieved by students’s group whose using lesson plan based on role playing is higher than the group who using conventional lesson plan. Key Word: lesson plan, role playing, learning result in democracy values

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 70687489 . Digilib
Date Deposited: 30 Nov 2017 03:42
Terakhir diubah: 30 Nov 2017 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29127

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir