PENINGKATAN PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING RASIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) (Studi Kasus Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018)

SISKA WIYASA OKTORA, 1313052054 (2017) PENINGKATAN PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING RASIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) (Studi Kasus Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (812Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (592Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah percaya diri siswa dalam belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan percaya diri dalam belajar menggunakan konseling rational emotive behavior therapy pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa yang memiliki percaya diri dalam belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala percaya diri dalam belajar dan wawancara konseling. Analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian konseling menunjukkan bahwa peningkatan percaya diri dalam belajar menggunakan konseling rational emotive behavior therapy (rebt) dapat digunakan pada siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perubahan ketiga subjek setelah pelaksanaan konseling dilakukan, seperti siswa lebih percaya diri lagi untuk mengungkapkan pendapatnya dalam proses pembelajaran, yakin pada kemampuan yang dimiliki, tidak lagi merasa takut gagal dalam menjawab soal yang diberikan guru. Simpulan penelitian ini adalah konseling rational emotive behavior therapy (rebt) dapat digunakan untuk meningkatkan percaya diri dalam belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci : bimbingan dan konseling, REBT, percaya diri dalam belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 69190664 . Digilib
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:30
Terakhir diubah: 30 Nov 2017 02:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29132

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir