PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PALAS LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017

DESI RAHMAWATI , 1313054007 (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PALAS LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1325Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1326Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara anak usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Palas masih rendah. Penelitian dilakukan untuk mengkaji pengaruh penerapan metode bercerita terhadap keterampilan berbicara anak usia dini serta perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan penerapan metode bercerita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan sampel penelitian 34 anak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Data diambil melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar observasi berupa rubrik penilaian jenis rating scale. Teknik analisisis data yang digunakan yaitu uji t test dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan menggunakan uji t antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan penerapan metode bercerita yaitu sebesar 32,76% dan ada pengaruh penerapan metode bercerita terhadap keterampilan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Palas Lampung Selatan, hal ini ditunjukkan dengan uji regresi linear yaitu adanya peningkatan sebesar 19,55%. Kesimpulan penelitian ini adalah keterampilan berbicara anak setelah diberi penerapan metode bercerita memperoleh nilai lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum diberikan penerapan metode bercerita. Kata Kunci : anak usia dini, metode bercerita, keterampilan berbicara ABSTRACT The problem in this research is the speaking skill of children aged 5-6 years in TK Dharma Wanita Persatuan Palas still low. This study was conducted to examine the effect of applying strorytelling methods to early childhood speaking skills as well as prior differences and after being given treatment that is through the application of storytelling method. Research method used is quasi eksperimen method with sample 34 children. Sampling is done by technique Cluster Random Sampling. Data is taken through observation and documentation. The research instrument used is the observation sheet in the form of type assessment rubric rating scale. Data analysis techniques used are t test and simple linear regression test. The result of the study showed a significant difference by using t test between before and after given treatment of applying strorytelling methods that is equal to 32,76% and there is an effect of applying strorytelling methods to the speaking skills of children aged 5-6 years in TK Dharma Wanita Persatuan Palas Southern Lampung school year 2016/2017, this is indicated by linear regression test that is an increase of 19,55%. The conclusion of this study is the skills of speaking children after being given the application of strorytelling methods get higher values compared with before the application of strorytelling methods. Key : early childhood, strorytelling methods, speaking skills

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 56799289 . Digilib
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:15
Terakhir diubah: 04 Dec 2017 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29147

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir