PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS FLASH PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Dwi Wahyudi, 1313024028 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS FLASH PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2247Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2534Kb)

Abstrak

ABSTRAK Hasil observasi di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung diperoleh informasi bahwa pembelajaran biologi pada materi sistem pencernaan manusia telah menggunakan media pembelajaran berbasis Flash, namun media tersebut belum sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Flash pada sistem pencernaan manusia yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Tahapan penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis Flash dilakukan melalui tahap (1) studi pendahuluan dan studi literatur untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran berbasis Flash dengan menggunakan angket pengungkap kebutuhan guru dan siswa, (2) pengembangan meliputi penyusunan draf pengembangan, penentuan uji ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan uji praktisi, (3) evaluasi yang dilakukan untuk mengukur tingkat kemenarikan dan efektivitas media pembelajaran berbasis Flash hasil pengembangan terhadap hasil belajar siswa melalui angket uji kemenarikan dan soal pretes dan postes yang dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis Flash dengan karakteristik yang dibutuhkan sebagai media pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia. Produk hasil pengembangan efektif sebagai salah satu media pembelajaran yang berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Berdasarkan hasil uji efektivitas menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 79,26; kontrol = 70,59). Dari uji kemenarikan produk nilai kelayakan 3,28 dengan pernyataan penilaian menarik. Hasil uji ahli materi memperoleh persentase kelayakan 80%, uji ahli media 61,5%, uji ahli bahasa 75%, dan uji praktisi 100%. Sehingga, media pembelajaran berbasis Flash pada materi sistem pencernaan manusia hasil pengembangan ini dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata kunci: flash, media, sistem pencernaan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 89857426 . Digilib
Date Deposited: 04 Dec 2017 06:37
Terakhir diubah: 04 Dec 2017 06:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29149

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir