PENGARUH MINAT BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN MODEL MAKE A MATCH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

ANNISA AMALIA SUCI ROZAI, 1313034012 (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN MODEL MAKE A MATCH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3043Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2151Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan minat belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) untuk mengetahui pengaruh minat belajar melalui model pembelajaran Make A Match terhadap aktivitas belajar Geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain yang digunakan adalah Simpel Randomized Designs. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling dimana kelas yang terpilih adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Uji analisis data menggunakan uji-t dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa 1) ada perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan yang siswa menggunakan pembelajaran konvensional. 2) ada pengaruh positif dari minat belajar melalui model pembelajaran Make A Match terhadap aktivitas belajar Geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: Minat Belajar, Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Make A Match, Pembelajaran Konvensional, dan Geografi. EFFECT OF INTEREST LEARNING THROUGH LEARNING MAKE A MATCH MODEL AND CONVENTIONAL LEARNING TO LEARNING ACTIVITIES GEOGRAPHY OF STUDENT CLASS XI IPS SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TEACHING DATE 2016/2017 The purpose of this research is to: 1) to know the difference to the interest learning of student using learning Make A Match model with interest learning of student using learning Conventional. 2) to know influence of interest learning through Make A Match model to geography learning activity of student class XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung teaching date 2016/1017. This study used quasi experimental method with the design in use Simpel Randomized Designs. Sample in this study is Simpel Random Sampling. Where the selected is class XI IPS 2 as the experimental class and class XI IPS 1 as control class. Data analysis techniques use in this research is descriptive quantitative data analysis. Test data analysis using t test and simple linear regression test. Based on the results of research and discussion concluded 1) that there are differences in student learning interest using make a match model with students using conventional. 2) as well as positive influence of interest learning through make a match learning model to geography learning activity of student class XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung teaching date 2016/2017. Keywords: Interest Learning, Learning Activity, Make A Match Learning Model, Conventional Learning, and Geography.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > L Education (General) = Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: 96361174 . Digilib
Date Deposited: 05 Dec 2017 07:41
Last Modified: 05 Dec 2017 07:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29157

Actions (login required)

View Item View Item