PEMBELAJARAN TARI PIRING SUMATERA BARAT MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR

TrinandiHariWidaqdo, 1313043045 (2017) PEMBELAJARAN TARI PIRING SUMATERA BARAT MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1358Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5Mb)

Abstrak

ABSTRAKRumusan masalah bagaimana proses pembelajaran tari piring menggunakan metode latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran tari piring. Tari piring Sumatera Barat merupakan tari yang menggambarkan rasa syukur masyarakat minangkabau atas hasil panen yang melimpah. Teori pembelajaran Konstruktivistik digunakan untuk menekankan pada aktivitas siswa dan kreativitas yang dapat menumbuhkan kepercayaan pada dirinya. Desain yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitinya guru dan 8 siswa SMA Negeri 1 Tumijajar. Langkah-langkah metode latihan adalah guru memberikan contoh ragam gerak lalu siswa mengikuti, siswa diberi waktu pengulangan latihan, menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, seorang siswa diminta untuk mempraktikkan kembali ragam gerak yang telah diberikan, guru dan siswa membuat suatu kesimpulan dan penutup. Hasilpembelajaran ini mendapatkan kategori baik. Kata kunci : latihan, pembelajaran, tari piring ABSTRACT The formulation of the problem of how the process of learning dance plate using the method of exercise. This study aims to describe the process of learning and learning outcomes dance dishes. Dance plate West Sumatra is a dance that describes the gratitude of the people of Minangkabau over the abundant harvest. Constructivist learning theory is used to emphasize student activity and creativity that can foster self-belief. The design used is descriptive qualitative. Techniques of collecting data in the form of observation, interview and documentation. Data source of researcher of teacher and 8 students of SMA Negeri 1 Tumijajar. The steps of the exercise method are the teacher giving examples of the range of motion and then the students follow, the students are given time to repeat the exercise, prepare the tools and materials to be used, a student is asked to re-practice the range of motion that has been given, teachers and students make a conclusion and closing. The results of this learning get a good category. Keywords: exercise, learning, dance plates

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
M Music and Books on Music > M Music
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 56813469 . Digilib
Date Deposited: 05 Dec 2017 07:50
Last Modified: 05 Dec 2017 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29159

Actions (login required)

View Item View Item