IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif pada Guru IPA SMP se-Kecamatan Teluk Betung Barat, Tanjungkarang Barat, dan Kedamaian Tahun Ajaran 2016/2017)

NURPAWAN, 1313024064 (2017) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif pada Guru IPA SMP se-Kecamatan Teluk Betung Barat, Tanjungkarang Barat, dan Kedamaian Tahun Ajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1273Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1380Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru IPA dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen di SMP se-Kecamatan Teluk Betung Barat, Tanjungkarang Barat, dan Kedamaian Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain deskriptif sederhana. Sampel dalam penelitian adalah seluruh guru IPA kelas VII, VIII, dan IX di SMP se- Kecamatan Teluk Betung Barat, Tanjung karang Barat, dan Kedamaian dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket dan wawancara guru untuk mengetahui kesulitan guru IPA dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen, dan lembar informasi biodata guru yang memuat latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, pelatihan dan sertifikasi guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen tingkat kesulitan guru IPA berkriteria cukup. Artinya guru tidak banyak iii mengalami kesulitan baik dalam merencanakan maupun melaksanakan asesmen. Perolehan persentase kesulitan dalam merencanakan asesmen yaitu 52% dan melaksanakan asesmen 47%. Indikator kesulitan tertinggi yang menyebabkan guru cukup mengalami kesulitan dalam merencanakan asesmen adalah menyusun kisi-kisi asesmen, sedangkan indikator kesulitan tertinggi yang menyebabkan guru cukup kesulitan dalam melaksanakan asesmen adalah pelaksanaan asesmen ranah psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kesulitan guru IPA dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen di SMP se-Kecamatan Teluk Betung Barat, Tanjungkarang Barat, dan Kedamaian berkriteria cukup. Kata Kunci : asesmen, kesulitan, melaksanakan, merencanakan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 50389490 . Digilib
Date Deposited: 07 Dec 2017 07:37
Terakhir diubah: 07 Dec 2017 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29183

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir