Pendekatan Ilmiah pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Elaborasi

Gamilla Nuri Utami, 1013023042 (2014) Pendekatan Ilmiah pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Elaborasi. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTO.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2656Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (270Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (252Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Bahasa Indonesia Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah terhadap keterampilan siswa dalam mengelaborasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung semester genap Tahun 2013-2014 dengan kelas X2 dan X3 sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Efektivitas pendekatan ilmiah ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan siswa dalam mengelaborasi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,47 dan 0,65. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, disimpulkan bahwa secara statistik rata-rata n-Gain keterampilan siswa dalam mengelaborasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit pada kelas yang diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan siswa dalam mengelaborasi pada kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi larutan elektrolit dan nonelektrolit menggunakan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan keterampilan elaborasi. Kata kunci: elektrolit dan nonelektrolit, keterampilan elaborasi, pendekatan ilmiah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 990914 . Digilib
Date Deposited: 20 Aug 2014 04:31
Terakhir diubah: 20 Aug 2014 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2919

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir