PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SEPTI VINA MULYA , 1313041081 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1753Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1752Kb)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks biografi pada siswa kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini difokuskan pada perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumbernya meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pembelajaran dikelas, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dibuat guru sudah sesuai, namun pemilihan materi ajar pada pertemuan kedua kurang tepat. Pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan oleh guru, namun pada kegiatan inti pertemuan pertama, guru tidak memberikan waktu untuk siswa mempresentasikan hasil menulis teks biografi. Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi penilaian kompetensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian kompetensi keterampilan. Mengenai pelaksanaan pembelajaran memahami teks biografi, guru melakukan tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan, guru melakukan apersepsi dan penyampaian rencana kegiatan. Namun, sebelum melakukan apersepsi guru terlebih dahulu membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, mengondisikan kelas, dan menginformasikan manfaat pembelajaran. Pada kegiatan inti, guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific yang terdiri atas aktivitas mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan. Aktivitas mengamati dilakukan siswa dengan memerhatikan materi teks biografi yang disampaikan oleh guru. Aktivitas menanya dilakukan siswa pada saat guru mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum jelas. Aktivitas menalar terjadi pada saat siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Aktivitas mencoba dilakukan siswa pada saat membuat teks biografi. Aktivitas mengomunikasikan dilakukan siswa dengan cara mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai teks biografi yang telah mereka buat. Kegiatan terakhir yang dilakukan guru adalah kegiatan penutup, pada kegiatan ini guru melakukan refleksi, memberikan tes lisan, mengumpulkan hasil kerja, dan melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan tugas pengayaan. Kata kunci: menulis, pembelajaran, dan teks biografi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 73119371 . Digilib
Date Deposited: 11 Dec 2017 03:32
Last Modified: 11 Dec 2017 03:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29191

Actions (login required)

View Item View Item