UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV A SD NEGERI 05 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ADITYA AGUNG PERMANA, 1313053006 (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV A SD NEGERI 05 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1411Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1412Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa SD Negeri 05 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan kategori keberhasilan “Cukup Aktif”, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi “Sangat Aktif”. Hasil belajar afektif siswa pada siklus I dengan katagori “Cukup Baik”, pada siklus II meningkat menjadi “Baik”. Hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I dengan katagori “Cukup Terampil”, meningkat pada siklus II menjadi “Sangat Terampil”. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I dengan katagori “Sedang”, meningkat pada siklus II menjadi “Tinggi”. Kata kunci: aktivitas, cooperative learning, hasil belajar, jigsaw.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 44645415 . Digilib
Date Deposited: 11 Dec 2017 07:48
Last Modified: 11 Dec 2017 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29198

Actions (login required)

View Item View Item