PENGEMBANGAN STRATEGI SOFT SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA

NOVINTA NURULSARI, 1523022008 (2017) PENGEMBANGAN STRATEGI SOFT SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1566Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2807Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil survei TIMMS dan PISA menggambarkan kemampuan berpikir siswa Indonesia masih rendah. Faktor penyebabnya antara lain karena siswa di Indonesia kurang dilatih dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah serta tidak adanya bantuan berkelanjutan untuk siswa yang masih mengalami kesulitan belajar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui validitas, keterlaksanaan, dan keefektivan strategi soft scaffolding dalam pembelajara kooperatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan model R & D yang meliputi tujuh langkah yaitu pengumpulan informasi data awal, perencanaan produk awal, pengembangan desain produk awal, uji coba produk awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, dan revisi produk akhir. Strategi yang dikembangkan diberi nama Strategi Soft Scaffolding E6 dengan tahapan Explore real-life problems, Engage students with web technology, Enable experiment using analogies, Elaborate data through multiple representations, Encourage questioning, dan Ensure the Feedback. Hasil akhir menunjukkan bahwa strategi yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Fisika dengan persentase kelayakan dan keterlaksanaan strategi dalam kategori sangat tinggi. Selain itu, strategi soft scaffolding hasil pengembangan memiliki keefektivan yang sangat tinggi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan indikator pencapaian tujuan pembelajaran, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru, dan respon positif siswa yang berada dalam kategori yang sangat tinggi. Kata kunci: strategi soft scaffolding, pembelajaran kooperatif, kemampuan berpikir kreatif ABSTRACT The results of TIMMS and PISA surveys illustrate the thinking ability of Indonesian students is still low. It is because of students in Indonesia are less trained in developing creative thinking skills in solving problems and the absence of ongoing assistance for students who have learning difficulties. The purpose of this research are to describe varianity, practicability, and effectiveness of soft scaffolding strategy in cooperative learning to improve students' creative thinking ability in Physics learning. This research used an R & D model that includes seven steps, they are preliminary research, product planning and design, preliminary product development, preliminary field testing, product revision, main field testing, and the final product revision. The strategy developed was named Soft Scaffolding E6 Strategy with stages of Explore real-life problems, Engage students with web technology, Enable experiment using analogies, Elaborate data through multiple representations, Encourage questioning, and Ensure the Feedback. The final results showed that the strategy developed are feasible and practical to be used in Physics learning with the percentage of validity and strategy implementation in very high categories. In addition, the soft scaffolding strategy has a very high effectiveness in improving students' creative thinking ability with indicators of achievement of learning objectives, student learning activities, teacher abilities, and positive responses of students which were in very high categories. Key words: soft scaffolding strategy, cooperative learning, creative thinking ability

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 54216105 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2017 07:14
Terakhir diubah: 13 Dec 2017 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29228

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir