Ragil Alif Utama, 1313053122 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1429Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (869Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode problem solving. Penelitian tindakan kelas ini 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non-tes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 9 Metro. Persentase ketuntasan afektif siswa siklus I kategori “Baik” meningkat pada siklus II kategori “Sangat Baik”, ketuntasan klasikal psikomotor siswa siklus I kategori “Terampil” meningkat pada siklus II dengan kategori “Sangat Terampil”, ketuntasan klasikal kognitif siswa pada siklu I kategori “Tinggi” meningkat pada siklus II kategori “Sangat Tinggi” Kata kunci: Hasil belajar, IPS, problem solving
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 31193996 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 08:03 |
Terakhir diubah: | 13 Dec 2017 08:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29245 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |