PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO PUSAT

Ragil Alif Utama, 1313053122 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1429Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (869Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode problem solving. Penelitian tindakan kelas ini 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non-tes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 9 Metro. Persentase ketuntasan afektif siswa siklus I kategori “Baik” meningkat pada siklus II kategori “Sangat Baik”, ketuntasan klasikal psikomotor siswa siklus I kategori “Terampil” meningkat pada siklus II dengan kategori “Sangat Terampil”, ketuntasan klasikal kognitif siswa pada siklu I kategori “Tinggi” meningkat pada siklus II kategori “Sangat Tinggi” Kata kunci: Hasil belajar, IPS, problem solving

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 31193996 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2017 08:03
Last Modified: 13 Dec 2017 08:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29245

Actions (login required)

View Item View Item