POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN PESISIR BARAT

WARDANA , 1216021113 (2017) POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN PESISIR BARAT. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2446Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1953Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kabupaten Pesisir Barat sangat kaya akan potensi pariwisata yang tersebar di berbagai wilayah atau kecamatan yang terbagi dalam beberapa sektor diantaranya wisata bahari, religi atau budaya, ekowisata dan eventwisata. Dari semua objek wisata tersebut masing-masing memiliki daya tarik tersendiri sehingga ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara dan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara relatif meningkat setiap tahunnya. Akan tetapi pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat belum maksimal berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD), oleh sebab itu potensi pariwisata perlu dikembangkan, selain memanfaatkan potensi yang ada, pengembangan pariwisata juga dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan strategi pengembangan pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ditentukan secara purpossive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi data. Data disajikan dan di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat mempunyai strategi untuk mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat. Strategi pengembangan yang dilakukan adalah sebagai berikut; Man, untuk memaksimalkan SDM di Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat mengingat dari segi kuantitas masih belum maksikmal, Dinas Pariwisata bekerja sama dengan stakeholder seperti komunitas, agent, blogger dan membentuk badan promosi pariwisata guna menunjang pemasaran pariwisata. Money, anggaran yang digunakan untuk mengembangkan pariwisata meliputi Dana Alokasi Khusus (DAK), mengingat DAK Kabupaten Pesisir Barat yang masih terbilang kecil, Dinas Pariwisata bekerja sama dengan sektor swasta dalam penyediaan akomodasi dan kuliner di kawasan objek wisata Kabupaten Pesisir Barat. Material, untuk mengoptimalkan infrastruktur di kawasan wisata dan mendorong daya saing wisata Dinas Pariwisata menerapkan skema kemitraan antara pemerintah dan swasta serta mengembangkan penerapan skema kemandirian pengelolaan pariwisata. Methode, pengembangan fisik meliputi meningkatkan infrastruktur sarana dan prasarana sebagai destinasi wisata baru atau rintisan dan kawasan pariwisata yang akan dikembangkan serta meningkatkan fasilitas penunjang kegiatan pariwisata. Market, melaksanakan event-event seperti pameran dalam dan luar daerah dan berkerja sama dengan media (facebook, website, instagram) guna meningkatkan promosi pariwsata. Kata Kunci : Potensi, Pariwisata, Strategi Pengembangan. POTENTIAL AND DEVELOPMENT STRATEGY OF TOURISM IN PESISIR BARAT REGENCY Pesisir Barat regency has alot of tourism potential consist of marine tourism, religious tourism, culture tourism, ecotourism and others. The tourist destination have it’s own appeal for domestic or foreign tourists. The tourist visits increased every year. However development of tourism potential not yet maximal contribute to District Own Source Revenue. Therefore, the tourism potential need to be developed utilize the potential to increase the regional revenue. The purpose of this study are to knowing potential and development strategy of tourism in Pesisir Barat regency. The research method is qualitative used was a descriptive method. The technique of collecting data was done by observation, interviews and documentation. Analysis data is was with data reduction, presentation of data, conclusion and data triangulation. The data are presented and analyzed in descriptively. The results shows that department of tourism Pesisir Barat regency have strategy to develop the tourism. Development strategy used such as ; Man, for maximize human resources quantity of department of tourism Pesisir Barat regency, then departmen of tourism has cooperate with stakeholder such as community, agent, blogger, and establish tourism promotion agency for support the tourism marketing. Money, the budget used to develop of tourism is spesific allocation fund still relatively small. Then the departmen of tourism coopertae with privacy sector in provision accomodation and culinary in tourism regions. Material, to increase infrastructure in tourist destination region to improve competitiveness, then department of tourism apply partnership scheme with government and private along develop indepedence scheme practice in tourism management. Method, the physical development such as infrastructure enhancement (Facility) as development a new tourism destination. Market, Organize exhibition activities inside or outside the region and promoted with social media (Facebook, website, instagram). It is useful for increase the tourism promotion. Keyword : Potential, Tourism, Development Strategy.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 24323177 . Digilib
Date Deposited: 14 Dec 2017 07:34
Terakhir diubah: 14 Dec 2017 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29258

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir