PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ALQURUN TEACHING MODEL (ATM) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA Kasus : Pengembangan LKPD Berbasis ATM pada Materi Statistika Kelas X TKI 1 di SMK Negeri 5 Bandar Lampung

Yeni Puspitasari, 1523021002 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ALQURUN TEACHING MODEL (ATM) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA Kasus : Pengembangan LKPD Berbasis ATM pada Materi Statistika Kelas X TKI 1 di SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1997Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2598Kb)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan mengembangkan LKPD berbasis Alqurun Teaching Model (ATM) dan mengetahui efektivitasnya terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan tahap-tahap penelitian menurut Akker, dengan 2 tahapan utama yaitu preliminary (persiapan meliputi studi pendahuluan dan pendesainan LKPD), dan uji formatif (evaluasi diri, uji ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji terbatas). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 dan beberapa ahli pada setiap tahapan pengembangan. Karakteristik LKPD berbasis ATM ini dikembangkan berdasarkan sintaks ATM, yaitu Acknowledge, Literature, Quest, Unite, Refine, Use, dan Name. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan ujit dan N-Gain. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa LKPD berbasis ATM telah memenuhi standar kelayakan isi, media, dan bahasa. Hasil uji perorangan menunjukkan bahwa LKPD berbasis ATM termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji terbatas menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis ATM lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang tidak menggunakan LKPD berbasis ATM dan tergolong cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata kunci : ATM, LKPD, Pemahaman Konsep ABSTRACT The purpose of this research is to improve understanding of learners concept by developing Learners Worksheets based on ALQURUN Teaching Model (ATM) and to know the effectiveness of the ability to understand the concept. The design of this study follows the stages of research according to Akker. The subjects are students of class X SMK Negeri 5 Bandar Lampung 2016/2017 and some experts at every stage of development. The characteristics of learners worksheets based on ATM is developed based on ATM syntax, acknowledge, literature, quest, unite, refine, use, and name. The research data was obtained through a mathematical concept comprehension test. Data analysis techniques use t-test and N-Gain. The experts review shows that the learners worksheets based on ATM have met the content, media, and language eligibility standards. The result of one to one test shows that the learners worksheet based on ATM is included in a very good category. The field test results show that the ability to understand the mathematical concepts using learners worksheet based on ATM is higher than the ability to understand the mathematical concepts without learners worksheet based on ATM and quite effective in improving the ability to understand the mathematical concepts. Keyword: ATM, Learners Worksheets, Concept Understanding

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 22039296 . Digilib
Date Deposited: 14 Dec 2017 07:37
Last Modified: 14 Dec 2017 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29269

Actions (login required)

View Item View Item