PENGARUH APLIKASI KOMBINASI PUPUK KANDANG AYAM DAN PUPUK KCl TERHADAP PERTUMBUHANDAN HASIL PRODUKSI JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata Sturt.)

YESSA LILIANA, 1314121192 (2017) PENGARUH APLIKASI KOMBINASI PUPUK KANDANG AYAM DAN PUPUK KCl TERHADAP PERTUMBUHANDAN HASIL PRODUKSI JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata Sturt.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1298Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1299Kb) | Preview

Abstrak

Jagung manis (Zea mays Saccharata Sturt) merupakan salah satu produk hortikultura yang banyak dikonsumsi masyarakat karena memiliki rasa yang enak. Permintaan jagung manis terus mengalami peningkatan yang tidak diimbangi dengan hasil produksi yang maksimal, hal tersebut disebabkan oleh rendahnya kesuburan tanah. Penggunaan pupuk kandang ayam dan KCl merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh aplikasi pupuk kandang ayam (1) dan pupuk KCl (2) terhadap pertumbuhan dan hasil produksi jagung manis (Zea mayssaccharata Sturt), (3) mengetahui pengaruh interkasi aplikasi pupuk kandang ayam dan pupuk KCl. Penelitian ini dilaksanakan di kebun Kota Sepang Jaya, Kecamatan Labuhan Ratu, Bandar Lampung pada bulan Desember 2016 - Maret 2017. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan rancangan perlakuan faktorial 4 x 2 dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah pupuk kandang ayam yang terdiri atas 2 taraf yaitu, 0 ton/ha dan Yessa Liliana 15 ton/ha. Faktor kedua adalah dosis pupuk KCl yang terdiri atas 4 taraf yaitu, tanpa pupuk KCl , 50 kg/ha KCl, 100 kg /haKCl , 150 kg /ha KCl. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) aplikasi pupuk kandang ayam dan pupuk KCl (2) dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil produksi jagung manis seperti tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, diameter tongkol, bobot 10 tongkol dengan kelobot, tingkat kemanisan jagung manis dan total produksi per petak ubinan. Sedangkan pupuk kandang ayam dan pupuk KCl tidak meningkatkan kadar hara kalium daun dan kualitas penampakan tongkol jagung manis, (3) terjadi interaksi antara aplikasi pupuk kandang ayam 15 ton/ha dan KCl108 kg/ha dengan total produksi per petak ubinan sebesar 10,47 kg sedangkan dosis terbaik tanpa aplikasi pupuk kandang ayam dan KCl 139,47 kg/ha menghasilkan total produksi per petak ubinan sebesar berkisar 10,18 kg/ha sehingga dapat menghemat penggunaan pupuk KCl sebesar 25%. Kata kunci :jagung manis, pupuk kandang ayam, pupuk KCl.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
> Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Magister Agroekoteknologi
Pengguna Deposit: 14565940 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2017 02:05
Terakhir diubah: 19 Dec 2017 02:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29312

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir