TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU PEREMPUAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

IROS NIYA WATI, 1313041037 (2017) TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU PEREMPUAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (993Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (994Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif guru perempuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi komunikatif tindak tutur direktif dan realisasi tuturannya yang digunakan guru perempuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa tindak tutur guru perempuan yang mengajar bahasa Indonesia kelas XI, sedangkan data dalam penelitian ini berupa tindak tutur direktif yang digunakan guru perempuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi nonpartisipasi yang berupa teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi komunikatif tindak tutur direktif guru perempuan dalam pembelajaran di kelas XI terdiri atas meminta, menanya, memerintah, melarang, mengizinkan dan menasihati. Realisasi fungsi komunikatif tindak tutur direktif guru perempuan dalam pembelajaran kelas XI secara langsung dan tidak langsung. Realisasi tindak tutur direktif secara langsung menggunakan struktur imperatif dengan fungsi meminta, memerintah, melarang, mengizinkan, menasihati, dan struktur interogatif dengan fungsi menanya. Sementara itu, realisasi tindak tutur direktif secara tidak langsung menggunakan struktur deklaratif dan interogatif dengan fungsi meminta, memerintah, melarang, mengizinkan, menasihati, dan struktur interogatif dengan fungsi menanya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur direktif guru perempuan dalam pembelajaran kelas XI berdasarkan fungsi komunikatif yang lebih dominan ditemukan adalah tindak tutur direktif memerintah, sedangkan tindak tutur direktif guru perempuan dalam pembelajaran di kelas XI berdasarkan realisasi tuturannya yang lebih dominan ditemukan adalah tindak tutur langsung. Kata kunci: tindak tutur direktif, guru perempuan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 46134737 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2017 05:12
Terakhir diubah: 19 Dec 2017 05:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29340

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir