ANALISIS PENDAPATAN, NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN IKAN BANDENG PADA USAHA DAGANG SABILY KECAMATAN LABUHAN MARINGGAI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

YURISTA AYU LESTARI , 1314131121 (2017) ANALISIS PENDAPATAN, NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN IKAN BANDENG PADA USAHA DAGANG SABILY KECAMATAN LABUHAN MARINGGAI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS PERTANIAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1676Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1247Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan, nilai tambah dan strategi pengembangan usaha pengolahan ikan bandeng pada UD Sabily. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di UD Sabily Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur dengan pertimbangan bahwa UD Sabily ini merupakan salah satu usaha pengolahan ikan bandeng yang memiliki produksi terbesar di Provinsi Lampung. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari 2017-Februari 2017 dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan usaha pengolahan ikan bandeng UD Sabily atas biaya total untuk seluruh olahan ikan bandeng selama sebulan sebesar Rp16.324.376,39. Pendapatan tertinggi yang diterima UD Sabily adalah berasal dari produk nugget bandeng sedangkan pendapatan terendah adalah produk kerupuk duri. Nilai tambah terbesar adalah berasal dari produk keripik kulit bandeng sedangkan nilai tambah terendah adalah produk bandeng presto. R/C adalah perbandingan antara penerimaan total dan biaya total, R/C > 1 artinya usaha pengolahan ikan bandeng UD Sabily menguntungkan, memiliki nilai tambah yang positif dan layak untuk diusahakan. Strategi pengembangan prioritas UD Sabily adalah (1) memanfaatkan lokasi yang dekat dengan sumber bahan baku untuk meningkatkan produksi sehingga mampu meningkatkan pendapatan untuk menyebarluaskan informasi produk lokal hasil olahan ikan, (2) mempertahankan produk yang berkualitas baik dan bervarian sehingga mampu mengatasi tingkat preferensi masyarakat yang masih rendah terhadap produk lokal olahan ikan, dan (3) memanfaatkan pengelolaan keuangan secara efektif untuk dapat meningkatkan produksi dan kualitas produk sehingga mampu bersaing dengan agroindustri sejenis. Kata kunci: nilai tambah, pendapatan, pengolahan ikan bandeng, R/C, strategi pengembangan ABSTRACT This research aims to analyze the income, added value, and development strategy of milkfish processing business at Sabily trading business. The method used in this research is the case study. The location is chosen purposively at Sabily trading business in Labuhan Maringgai Sub District of East Lampung Regency with consideration that Sabily trading business is one of the milkfish trading businesses with the highest production in Lampung Province. The data are taken on January to February 2017 and analyzed by using the qualitative and quantitative descriptive analyses. The result shows that the income of milkfish processing business of Sabily trading business for the total cost of the whole processed milk fish in a month is Rp 16.324.376,39. The highest income earned by Sabily trading business comes from the milkfish nugget product while the lowest income is the prawn crackers. The highest added value is earned from the milkfish skin chips while the lowest is from milkfish presto. R/C is the ratio between total revenue and total cost, R/C > 1 it is shown that the milkfish processing business of Sabily trading business is profitable, has positive added value and is feasible to be obtained. The priority of Sabily trading development strategies are (1) utilizing the location that is close to the ingredients source to increase the production, and hence it can increase the income to spread local product information of the processed fish, (2) maintaining the good quality and variation of product so that it can solve the level of society preference which is still low toward the local product of processed fish, and (3) utilizing the effective financial management to increase the production and product quality, hence it can compete with the similar agroindustries. Keywords : added value, development strategy, income, milkfish processing, R/C

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Pertanian > Budidaya . Perikanan . Angling
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: 10512793 . Digilib
Date Deposited: 20 Dec 2017 08:18
Last Modified: 20 Dec 2017 08:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29367

Actions (login required)

View Item View Item