Fajri Arif Wibawa, 1523031016 (2017) PERBANDINGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI SEMESTER GENAP SISWA KELAS X PEMINATAN SOSIAL SMA NEGERI 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2188Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2190Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dengan model picture and picture dan jigsaw II dengan memperhatikan gaya belajar (visual dan auditori) siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen semu dan desain faktorial. Populasi kelas X PS dengan jumlah 5 kelas dan jumlah siswa 160, dengan menggunakan cluster rondam sampling maka sampel dalam peneilitan ini adalah kelas X PS.2 berjumlah 33 dan X PS.3 berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan data dengan tes. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan kemampuan berfikir tingkat tinggi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Picture and Picture dengan siswa yang menggunakan model Jigsaw II, (2) Ada perbedaan kemampuan berfikir tingkat tinggi antara siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dengan auditori, (3) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi, (4) Kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Picture and Picture lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model Jigsaw II pada siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual, (5) Kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Picture and Picture lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model Jigsaw II pada siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori, (6) Kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori dengan menggunakan model Picture and Picture, (7) Kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori dengan menggunakan model Jigsaw II. Kata kunci: berfikir tingkat tinggi, gaya belajar, picture and picture, jigsaw II abstract This study aims to determine differences in the ability of high-level thinking students with picture and picture models and jigsaw II with attention to learning styles (visual and auditory) students. The method used in this study is a comparative method with a quasi-experimental approach and factorial design. The population is class X PS with the number of 5 classes and the number of students 160, using cluster rondam sampling then the sample in this peneilitan is class X PS.2 amounted to 33 and X PS.3 amounted to 32 students. Technique of taking data with test. Hypothesis testing uses two independent sample t-tests and a two-way variance analysis. The result of data analysis show (1) There is a difference of high-level thinking ability between students who study using Picture and Picture model with students using Jigsaw II model, (2) There is difference of high-level thinking ability among students who have tendency of visual learning style with auditory, (3) There is an interaction between learning model and learning style to high-level thinking ability, (4) High student's thinking ability with learning model using Picture and Picture is higher than students using Jigsaw II model on students who have tendency of visual learning style , (5) The ability of high-level thinking of students whose learning using Picture and Picture model is lower than that of students using Jigsaw II model on students who have tendency of auditory learning style, (6) High-level thinking ability of students who have tendency of learning style vi sual is higher than students who have tendency of auditory style by using Picture and Picture model, (7) High level of thinking ability of students who have tendency of visual learning style is lower compared to students who have tendency of auditory style by using Jigsaw II model. Key words: high-level thinking, learning style, picture and picture, jigsaw II
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > LA History of education > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | 54619032 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 05:00 |
Terakhir diubah: | 21 Dec 2017 05:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29381 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |