PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERPEN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERBASIS TEKS DENGAN METODE CERPEN-GRAM UNTUK SISWA SMP/MTs. KELAS IX

SUKISTIONO, 1523041006 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERPEN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERBASIS TEKS DENGAN METODE CERPEN-GRAM UNTUK SISWA SMP/MTs. KELAS IX. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2797Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar menulis teks cerpen menggunakan pendekatan berbasis teks dengan metode cerpen-gram untuk siswa SMP kelas IX dan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar tersebut dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian mengikuti Borg & Gall yang diadaptsi menjadi tiga tahap, yaitu (1) penelitian pendahuluan, (2) pengembangan bahan ajar, dan (3) produk atau hasil bahan ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berbentuk angket, lembar observasi, dan wawancara. Sumber data pada uji coba lapangan terbatas dilakukan di SMP Negeri 1 Banjit. Uji coba lapangan utama dilakukan di tiga sekolah, yaitu SMP Negeri 1 Baradatu, SMP Negeri 2 Banjit, dan SMP Negeri 3 Baradatu. Teknik analisis data menggunakan gabungan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikonversi ke data kualitatif untuk mendapatkan deskripsi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengembangan bahan ajar dimulai dengan kegiatan membangun konteks, pemodelan, menulis terbimbing, dan menulis mandiri. Metode cerpen-gram diimplementasikan pada kegiatan menulis terbimbing dan menulis mandiri. Berdasarkan penilaian pada uji lapangan utama dapat disimpulkan bahwa bahan ajar mampu menciptakan pembelajaran yang efektif. Nilai rata-rata responden 83, ketuntasan belajar 89% bila dikonversi nilai akhir responden mendapat A dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, bahan ajar “Kiat Praktis Menulis Cerpen dengan Metode Cerpen-Gram untuk SMP / MTs Kelas IX” layak digunakan dalam pembelajaran, Kata kunci: bahan ajar menulis cerpen, pendekatan berbasis teks, metode cerpen-gram. abstract The problem in this research is how to develop teaching material of short story text based on text-based approach with short story method for junior high school class IX and how feasibility of the teaching materials. The purpose of this research is to develop teaching material of short story text using text-based approach with short story method for junior high school students of class IX and describe the feasibility of the teaching materials in learning. This research uses research and development method. The research procedure follows Borg & Gall which is adapted into three phases, namely (1) preliminary research, (2) development of teaching materials, and (3) products or teaching materials results. Data collection techniques used questionnaire instruments, observation sheets, and interviews. Sources of data on limited field trials conducted at SMP Negeri 1 Banjit. The main field trials were conducted in three schools, namely SMP Negeri 1 Baradatu, SMP Negeri 2 Banjit, and SMP Negeri 3 Baradatu. Data analysis techniques use a combination of quantitative and qualitative data. Quantitative data is converted to qualitative data to obtain a description of the data. Based on the results of the research can be seen that the development of teaching materials begins with activities to build context, modeling, writing guided, and writing independently. The short-gram method is implemented in guided writing activities. Based on the assessment on the main field test it can be concluded that teaching materials are able to create effective learning. The average value of respondents 83, mastery learning 89% when converted the final value of respondent gets A with category "very good". Thus, the teaching materials "Kiat Praktis Menulis Cerpen dengan Metode Cerpen-Gram untuk SMP / MTs Kelas IX" are suitable for learning, Keywords: teaching materials for short story writing, text-based approach, cerpen-gram method.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Pengguna Deposit: 88153687 . Digilib
Date Deposited: 21 Dec 2017 06:32
Terakhir diubah: 22 Dec 2017 01:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29406

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir