PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANJANG UTARA BANDAR LAMPUNG

Rona Anjar Sari, 1513069055 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANJANG UTARA BANDAR LAMPUNG. Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (981Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (982Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 1 Panjang Utara yang diperoleh melalui pengamatana yang dilakukan peneliti dan mendorong peneliti melakukan penelitian tindakan kelas .Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui penerapan Metode Demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I terdapat 20 orang siswa aktif dalam pembelajaran dan 12 orang siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Persentase keaktifan siswa mencapai 64,51%. Pada siklus II terdapat 29 orang siswa aktif dalam pembelajaran dan 3 orang siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Persentase keaktifan siswa mencapai 90,63%. Pada hasil belajar siswa menunjukkan siklus I terdapat 20 orang siswa tuntas belajar dan 12 orang siswa belum tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 64,51%. Pada siklus II terdapat 29 orang siswa tuntas belajar dan 3 orang siswa belum tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 90,63%. Kata kunci: metode pembelajaran, demonstrasi, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 23511680 . Digilib
Date Deposited: 21 Dec 2017 07:02
Terakhir diubah: 21 Dec 2017 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29409

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir