PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN JIGSAW II DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS DI SMP DWI PANGGA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ragil Dwi Setyo Putri, 1523031008 (2017) PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN JIGSAW II DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS DI SMP DWI PANGGA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3746Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3186Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran Time Token dan Jigsaw II dengan memperhatikan kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komparatif dengan desain faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Dwi Pangga Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 dan sampel 69 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keterampilan sosial dan angket kecerdasan emosinal. Pengujian hipotesis menggunakan anava dan t-test. Hasil analisis menunjukkan (1) Terdapat perbedaan keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Time Token dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw II pada mata pelajaran IPS (2) Terdapat Interaksi antara Penggunaan Model Pembelajaran dengan Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap keterampilan sosial siswa. (3) Keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Time Token lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Jigsaw II bagi siswa yang memiliki kecerdasan emosional (EQ) tinggi pada mata pelajaran IPS (4) Keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Time Token lebih rendah dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran jigsaw II pada siswa yang memiliki kecerdasan emosional (EQ) rendah pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Time Token, Jigsaw II, dan Kecerdasan Emosional abstract This study was aimed at determining the comparison of social skills of students by using Time Token and Jigsaw II learning models which on student’s emotional quotient on social studies subject. The method used was experimental research with a Comparative Approach with factorial design. Population in this research is all student of class VIII SMP Dwi Pangga Bandar Lampung in 2016/2017 Academic Year and the sample 69 students with determined by random cluster sampling technique. Data collection techniques using social skill observation and emotional quotient questionnaires. Hypothesis was tested by using anava and t-test. The results showed that (1) There was a difference in social skills that are using Time Token and Student learning models that are taught using Jigsaw II learning model on social studies subjects. (2) There was interaction between the use of Learning Models with Emotional Quotient (EQ) on students' social skills. (3) Social skills of students whose learning using Time Token learning model is higher compared to students whose learning using Jigsaw II learning model for students who have high emotional quotient (EQ) on social studies subject. (4) Social skills of students whose learning using Time Token learning model is lower than students who are taught using jigsaw II learning model in students who have low emotional quotient (EQ) on social studies subject. Keywords : social skills, time token, jigsaw II, and emotional quotient

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek:
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 71973287 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2017 07:56
Terakhir diubah: 22 Dec 2017 07:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29453

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir