SIMBOL SIMBOL PESAN PERSUASIF MELALUI DESIGN POSTER. (ANALISIS VISUALISASI PADA POSTER EVENT MUSIK NGAYOGJAZZ FESTIVAL PERIODE 2013-2016)

MUHAMMAD FEBRY, 1216031069 (2017) SIMBOL SIMBOL PESAN PERSUASIF MELALUI DESIGN POSTER. (ANALISIS VISUALISASI PADA POSTER EVENT MUSIK NGAYOGJAZZ FESTIVAL PERIODE 2013-2016). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2492Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2493Kb) | Preview

Abstrak

Poster sebagai salah satu bentuk media atau saluran dalam proses komunikasi yang biasanya bertujuan untuk memperkenalkan, menginformasikan bahkan mempersuasif masyarakat/komunikan dengan menggunakan daya tarik visual dan makna dalam simbol pesannya. Gambaran poster sebagai media informasi dan mempersuasif masyarakat dapat kita lihat pada poster even musik Ngayogjazz Festival. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa sajakah dan bagaimana simbol-simbol persuasif direpresentasikan melalui desain visual poster musik Ngayogjazz Festival periode 2013-2016. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Semiotika dengan metode analisis semiotika trianglemeaning oleh Charles Sanders Pierce. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa simbol persuasif yang terdapat dalam poster Ngayogjazz Festival berupa Tagline dari tema, pemilihan warna backgroud dan tipografi, ilustrasi budaya lokal, penentuan font, dan informasi pengisi acara. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa pemilihan atau penggunaan simbol dalam desain poster Ngayogjazz Festival tidak hanya semata memikirkan nilai estetis dari sebuah karya seni desain grafis namun memperhatikan sosiokultural tempat event diselenggarakan dan tujuan suatu event tersebut diadakan agar makna dan pesan dapat diterima dengan baik. Kata kunci : Simbol pesan persuasif, Semiotika Charles S Pierce, Poster. abstract Poster as one of media or channel in the communication process that usually aims to introduce, to inform the community even to persuade the communicant using the visual appeal and meaning of message symbols. The image of the poster as a medium of information and persuad the community we can see on the Ngayogjazz Music Festival event poster. The purpose of this research is to find out what and how persuasive symbols represented through visual design Ngayogjazz Music Festival poster 2013-2016 period. The theory used in this study is a theory of Semiotics by the method of analysis of the semiotics of triangle meaning by Charles Sanders Pierce. This research uses qualitative research type, with the techniques of data collection is the documentation and study of the literature. The results of this research show that the symbols contained in the persuasive Ngayogjazz poster of the Festival by the Tagline of theme, from the background and typography color selection, illustration of local culture, determination of the font, and guess star event information. Accordingly the results of this research show that that the selection or the use of the symbol in poster design Ngayogjazz Festival not only think of the aesthetics of a work of art graphic design but pay attention to the sociocultural place of event held and the purpose of an event that is held so that the meaning and the message can be received well. Keywords: Persuasive messages symbol, Semiotic of Charles S. Pearce, Poster.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Komunikasi
Depositing User: 10994505 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2017 09:08
Last Modified: 22 Dec 2017 09:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29458

Actions (login required)

View Item View Item