ELNI USMAN, 1423031071 (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (961Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (649Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan social siswa di kelas VIII DSMP Negeri 1 Tumijajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan model simulasi dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa dan indikator keterampilan sosial mana yang mudah dicapai dan yang sulit dicapai . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan tahapan perencanaan, tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi untuk pengambilan keputusan guna pengembangan lebih lanjut. Subjek pernelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Tumijajar yang berjumlah 32 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1)penggunaan model simulasi dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan social siswa, dan (2) dari ketujuh skala indicator keterampilan social yang diteliti, inkator yang mudah dicapai dan yang sulit dicapai. Seluruh indicator keterampilan social sudah mengalami kenaikan dan sudah mencapai indikator yang ditentukan sampai dengan siklus III. Adapun hasilnya pada siklus III adalah dari keseluruhan siswa sebanyak 28 (87,50%) siswa telah meningkat keterampilan sosialnya serta dari ketujuh indikator keterampilan sosial yang diteliti sudah 70% tercapai.Sehingga penelitian dihentikan sampai pada siklus III. Hanya ada satu indicator keterampilan social lsiswa yang sulit capai yaitu kemampuan mengikuti petunjuk. Kata kunci: keterampilansosial, PTK, simulasi abstract The background of the reseaech is lakc of ‘students social skill of grade VIII D in SMP N 1 Tumijajar. This purpose is to describe the use of simulation teaching model in social science to increase ‘student social skill. The kind of this researrch is classroom action research. The procedure in this research has five steps, they are planning, doing, observing and re action, doing, obsevation and reflection to take decision to the next development. The result of research shows (1) the use of simulation theaching model in social study, increases ‘student social skill for the students of grade VIII D in SMP N 1 Tumijajar. It is shown by better ‘students social skill in every cycle by using simulation teaching model. (2) The use of simulation model in social study can increase ‘student skill and (3) Which social skill indicator scale easy and difficult to reach. All social skill indicator have increased and reached defined indicator until cycle 3. As for the results on iii are cycle students as many as 28 ( 87,50 % ) students have increased his social skills and of the seven indicators the social skills researched have 70 % reached.So that it is time for the research stopped cycle Iii.There is only one social skills indicators students who find it difficult to accomplish that is the ability to follow the guidance. Key Words: the social skill, simulation, PTK
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | 29801596 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Dec 2017 08:43 |
Terakhir diubah: | 22 Dec 2017 08:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29460 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |