PENGARUH PUPUK ZINCMICRO TERHADAP PERKEMBANGAN PENYAKIT JAMUR AKAR PADA TANAMAN UBIKAYU (Manihot esculenta Crantz) DI SULUSUBAN KECAMATAN ANAK TUHA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Muhammad Saifudin, 1314121118 (2017) PENGARUH PUPUK ZINCMICRO TERHADAP PERKEMBANGAN PENYAKIT JAMUR AKAR PADA TANAMAN UBIKAYU (Manihot esculenta Crantz) DI SULUSUBAN KECAMATAN ANAK TUHA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. universitas lampung, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3461Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2837Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ubikayu (Manihot esculenta Crantz) merupakan komoditas tanaman pangan yang banyak dibudidayakan di Provinsi Lampung. Penelitian dilaksanakan di Sulusuban, Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah dan di Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman dan gedung Bioteknologi lantai 2 Universitas Lampung. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan yaitu dimulai dari bulan Oktober 2016 hingga Maret 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi pupuk Zincmicro terhadap keterjadian penyakit jamur akar pada ubikayu. Penelitian terdiri dari 15 plot petak percobaan yang terdiri dari 3 perlakuan dan 5 kelompok. Setiap petak percobaan berukuran 10m x 10m. Perlakuan disusun dalam rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri atas lima kelompok berdasarkan waktu pengamatan. Perlakuan yaitu P0 (kontrol), P1 (pupuk Zincmicro 20 kg), P2 (pupuk Zincmicro 40 kg) diulang sebanyak lima ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diduga patogen penyebab penyakit jamur akar yang menyerang tanaman ubikayu disebabkan oleh jamur Neoscytalidium sp. Aplikasi pupuk Zincmicro tidak berpengaruh terhadap jumlah daun dan tingkat kehijauan daun. Namun aplikasi pupuk tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman berdasarkan tinggi tanaman. Pemberian dosis pupuk Zincmicro 40 kg/ha diperoleh keterjadian penyakit tertinggi dibandingkan dengan control maupun 20 kg/ha. Hal ini berarti semakin tinggi dosis pupuk Zincmicro yang diaplikasikan, maka tanaman semakin rentan terhadap serangan jamur akar ubikayu. Kata Kunci : Neoscytalidium sp., Pupuk Zincmicro, Ubikayu.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
> Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 24155326 . Digilib
Date Deposited: 27 Dec 2017 08:02
Terakhir diubah: 27 Dec 2017 08:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29489

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir