EFIKASI ASAM FOSFIT, DIMETOMORF DAN METALAKSIL UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT BULAI (Peronosclerospora sorghi) PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) VARIETAS P27

Dian Ratna Kusumaning Tias , 1314121044 (2017) EFIKASI ASAM FOSFIT, DIMETOMORF DAN METALAKSIL UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT BULAI (Peronosclerospora sorghi) PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) VARIETAS P27. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (278Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN.pdf

Download (3356Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Upaya untuk mengelola penyakit bulai pada tanaman jagung dilakukan dengan menggunakan varietas tahan dan fungisida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efikasi fungisida dengan bahan aktif asam fosfit, dimetomorf, dan metalaksil untuk mengendalikan penyakit bulai pada tanaman jagung varietas P27. Penelitian dilakukan dengan rancangan acak kelompok (RAK) dengan lima perlakuan yaitu kontrol, benih dalam kemasan, perlakuan benih menggunakan dimetomorf, penyemprotan fungisida asam fosfit dan metalaksil dengan perlakuan diulang sebanyak empat kelompok. Verietas jagung hibrida yang digunakan dalam penelitian ini adalah P27 yang telah diberi perlakuan benih sebelumnya. Homogenitas ragam antar-perlakuan diuji dengan uji Bartlett dan aditifitas data diuji dengan uji Tukey. Nilai tengah diuji dengan uji Duncan’ Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman jagung varietas P27 rentan terhadap penyakit bulai. Penyemprotan fungisida asam fosfit menurunkan keparahan dan keterjadian penyakit bulai pada 2–7 mst. Untuk perlakuan benih menggunakan dimetomorf menurunkan keparahan penyakit bulai pada 2–3 mst dan menurunkan keterjadian penyakit bulai pada 1 dan 3 mst. Sementara itu, penyemprotan fungisida metalaksil dan perlakuan benih dalam kemasan tidak efektif mengendalikan penyakit bulai. Fungisida dengan bahan aktif ssam fosfit lebih efektif dibandingkan fungisida lainnya untuk mengendalikan penyakit bulai pada tanaman jagung varietas P27. Kata kunci: penyakit bulai, asam fosfit, dimetomorf, metalaksil, P27.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 88668257 . Digilib
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:07
Terakhir diubah: 28 Dec 2017 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29511

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir