Rini Intansari, 1513069049 (2017) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2253Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1554Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan keterampilan bercerita siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 2 Tanjungsenang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan keterampilan bercerita siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Alat pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes, data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar meliputi aspek bertanya sebesar 61,54%, menjawab pertanyaan 38,46%, diskusi 53,85%, bekerjasama 46,15% dan bercerita sebesar 53,85%. sedangkan pada siklus II aktivitas belajar meliputi aspek bertanya sebesar 84,61%, menjawab pertanyaan 69,23%, diskusi 88,46%, bekerjasama 76,92% dan bercerita sebesar 92,31%. Rata-rata keterampilan bercerita siswa siklus 1 meliputi aspek kesesuaian gambar sebesar 57,69%, ketepatan cerita 50%, keberanian 42,31, ketepatan kalimat 38,46% dan kelancaran bercerita sebesar 34,62%. Sedangkan pada siklus II keterampilan bercerita meliputi kesesuaian gambar sebesar 75,01%, ketepatan cerita 69,23%, keberanian 73,07%, ketepatan kalimat 42,31% dan kelancaran bercerita sebesar 50%.Maka dapat dikatakan bahwa hasil intervensi tindakan yang diharapkan telah tercapai. Kata kunci: aktivitas belajar, keterampilan bercerita, media gambar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 42041033 . Digilib |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 07:11 |
Terakhir diubah: | 28 Dec 2017 07:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29544 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |