PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN KEMAMPUAN INDIVIDU TERHADAP KINERJA GURU

SHINTA DWI FASMITHA, 1411011124 (2017) PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN KEMAMPUAN INDIVIDU TERHADAP KINERJA GURU. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (2172Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2173Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2174Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Knowledge management merupakan aktivitas merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan data dan informasi yang telah dimiliki oleh sebuah organisasi yang kemudian digabungkan dengan berbagai pemikiran dan analisa dari berbagai macam sumber yang kompeten. Kemampuan individu adalah kapasitas individu saat ini untuk melakukan berbagai tugas dalam sebuah pekerjaan. Penelitian ini dilakukan pada guru SMAN 2 dan SMAN 9 Bandar Lampung. Dua sekolah tersebut merupakan sekolah menengah atas negeri yang dipercaya untuk mengelola program akselerasi yang memungkinkan siswanya untuk lulus setahun lebih awal, yaitu dalam jangka 2 tahun. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman sekolah mengenai knowledge management dan belum banyak diterapkan pada organisasi pendidikan (Sinha, et al., 2012). Adanya perbedaan pada tingkat pendidikan dan masa kerja menyebabkan kemampuan individu setiap guru tidak sama, sehingga terjadi kesenjangan antara kemampuan guru dan kebutuhan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh knowledge management terhadap kinerja guru, untuk mengetahui pengaruh kemampuan individu terhadap kinerja guru, serta untuk mengetahui pengaruh knowledge management dan kemampuan individu secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Sampel dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 118 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa knowledge management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, kemampuan individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, serta knowledge management dan kemampuan individu secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Saran bagi guru adalah sebaiknya lebih termotivasi untuk bertukar pikiran dengan guru lain, meningkatkan kemampuan sosial yang berkaitan dengan kemampuan untuk memperbaiki kesalahan, dan mengerjakan pekerjaan dengan cepat sesuai deadeline sehingga dapat meningkatkan pencapaian kinerja sekolah. Kata kunci: Knowledge Management, Kemampuan Individu, Kinerja Guru. abstract Knowledge management is the activity of planning, collecting and organizing, leading and controlling data and information already owned by an organization which is then combined with various thoughts and analysis from various competent sources. Individual ability is the capacity of the individual today to perform various tasks in a job. This research was conducted on teachers SMAN 2 and SMAN 9 Bandar Lampung. The two schools state are the high schools which are trusted to manage acceleration program in which enables the students to graduate one year earlier, where the whole school program only occurs for about 2 years. The problem of this research is the lack of knowledge in accordance with the knowledge management has not been applied to the educational organization yet (Sinha, et al., 2012).The differences between the level of education and the years of service make the individual ability of each teacher distinct, so there is a gap between the teachers' ability and the school's need. The aims of this research are to find out the influence of knowledge management on teachers' performance, to find out the influence of individual ability on teachers' performance, and also to find out the influence of knowledge management and individual ability together on teachers' ability. The sample in this research is the teacher who totaled 118 people. The instrument of this research is questionnaire based on a likert scale. The data analyze used multiple linear regression. The result of this research showed that the knowledge management has positive and significant influence on teachers' performance, the individual ability has positive and significant influence on teachers’ performance, and the knowledge management and the individual ability has significant influenced on teachers' performance. The teachers should be more motivated to share their idea to the other teachers, they also need to improve their social ability more in accordance with the ability of problem solving, and also they have to finish their work faster based on the deadline so it can help to improve the school's achievement. Keywords: Knowledge Management, Individual Ability, Teacher Performance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: 42442637 . Digilib
Date Deposited: 28 Dec 2017 07:30
Terakhir diubah: 28 Dec 2017 07:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29547

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir