PENENTUAN LITOLOGI LAPISAN BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN MODEL KECEPATAN 2D TOMOGRAFI SEISMIK REFRAKSI UNTUK GEOTEKNIK JALAN TOL

ESHA FIRNANZA, 1215051022 (2017) PENENTUAN LITOLOGI LAPISAN BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN MODEL KECEPATAN 2D TOMOGRAFI SEISMIK REFRAKSI UNTUK GEOTEKNIK JALAN TOL. FAKULTAS TEKNIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (164Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak

Survei pendahuluan menggunakan metode seismik refraksi merupakan hal penting untuk menentukan batas lapisan lapuk dengan lapisan keras pada pekerjaan geoteknik jalan tol. Masalah utama dalam pekerjaan seismik refraksi adalah melakukan interpretasi hasil dari survei menjadi data bawah permukaan yang akurat. Pada penelitian ini dilakukan pemodelan kecepatan lapisan bawah permukaan menggunakan tomografi seismik refraksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat model 2D kecepatan untuk menentukan dan menganalisis batas antara lapisan lapuk dengan litologi batuan keras untuk pembangunan jalan raya sesuai dengan standar ASTM D 5777 pada masing-masing lintasan lapangan FRMLN yang terdiri dari line E2, E3, E4, dan E5. Metode pengambilan data yang digunakan yaitu generalized-reciprocal method dengan beberapa tahapan pengolahan data yang terdiri dari koreksi statik, penapisan, penguatan, pemilihan first-break, inversi dan pemodelan tomografi. Berdasarkan hasil pemodelan dapat diidentifikasi dua jenis litologi lapisan lapuk dan tiga litologi batuan keras pada daerah penelitian. Litologi lapisan yang mengalami pelapukan diantaranya top soil dengan kecepatan 0-375 m/s dan weathered layered (soil) dengan kecepatan 750- 1125 m/s, sedangkan litologi batuan keras diantaranya tuff dengan kecepatan 1500-1875 m/s, tuff silika dengan kecepatan 2250-4125 m/s, dan andesit dengan kecepatan lebih dari 5250 m/s. Lapisan yang diidentifikasi terjadi pelapukan pada LINE E2 memiliki variasi ketebalan 2-6,3 meter, LINE E3 memiliki variasi ketebalan 1-6,3 meter, LINE E4 memiliki variasi ketebalan 1-5,6 meter, dan LINE E5 memiliki variasi ketebalan 1-4 meter dari permukaan. Kata kunci: Geoteknik, generalized-reciprocal method, tomografi, jalan tol, tuff, top soil, weathered layered (soil). ABSTRACT Preliminary survey using refraction seismic method is an important thing to determine boundaries between weathered layer and rigid layer on highway geotechnical survey. The main thing in refraction seismic survey is to do interpretation survey result to accurate subsurface data. This research conducted subsurface velocity modeling using refraction seismic tomography. The purpose on this research is to make 2D velocity model to determine and analyze boundaries between weathered layer and rigid layer lithology for highway construction corresponding to ASTM D 5777 standard on each line from FRMLN field consist of line E2, E3, E4, and E5. Acquisition data using generalizedreciprocal method with several processing data stages consist of static correction, filtering, gain, first-break picking, inversion and tomography modeling. Based on modeling result, there is two kind of weathered layer lithology and three kind of rigid rocks lithology on research location. Weathered layer lithology consist of top soil in velocity 0-375 m/s and weathered layered (soil) in velocity 750-1125 m/s, while rigid rocks lithology consist of tuff in velocity 1500-1875 m/s, silicic tuff in velocity 2250-4125 m/s, and andesite in velocity more than 5250 m/s. Identified layer which occur a weathering in LINE E2 had a thickness variation around 2-6.3 meter, LINE E3 had a thickness variation around 1-5.6 meter, and LINE E5 had a thickness variation around 1-4 meter from surface. Keyword: Geotechnical, generalized-reciprocal method, tomography, highway, tuff, top soil, weathered layered (soil).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Teknologi (General)
> Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 01856071 . Digilib
Date Deposited: 29 Dec 2017 07:52
Terakhir diubah: 29 Dec 2017 07:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29575

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir