PENGARUH BEBERAPA ISOLAT Trichoderma spp. TERHADAP KETERJADIAN PENYAKIT BULAI (Peronosclerospora maydis) DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays)

Faris Faishol Nur Sudihartha, 1314121065 (2017) PENGARUH BEBERAPA ISOLAT Trichoderma spp. TERHADAP KETERJADIAN PENYAKIT BULAI (Peronosclerospora maydis) DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays). Fakultas Pertanian, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11Mb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (11Mb) | Preview

Abstrak

Jagung (Zea mays) merupakan salah satu tanaman serealia penting sebagai sumber pangan, pakan maupun energi. Tanaman jagung mengalami penurunan hasil dari tahun ke tahun. Salah satu faktor yang banyak menurunkan hasil tanaman jagung adalah penyakit bulai. Penyakit bulai disebabkan oleh jamur Peronosclerospora maydis yang dapat menimbulkan kehilangan hasil sampai 90%. Aplikasi jamur antagonis adalah salah satu alternatif pengendalian. Trichoderma spp. salah satu contoh jamur antagonis yang dapat menekan atau menghambat pertumbuhan jamur lain. Trichoderma spp. merupakan mikroorganisme tanah bersifat saprofit yang secara alami menyerang jamur patogen dan bersifat menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beberapa isolat Trichoderma spp. terhadap penyakit bulai dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman jagung. Perlakuan ini disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 7 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari P0 (kontrol), P1 (aplikasi Trichoderma viride isolat GDR), P2 (aplikasi Trichoderma harzianum isolat TRJ), P4 (aplikasi Trichoderma viride isolat NTF) P5 (aplikasi Trichoderma longibrachiatum isolat GRP) dan P6 (aplikasi Trichoderma viride isolat KLN). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian jamur Trichoderma viride isolat GDR, Trichoderma harzianum isolat TGN, Trichoderma viride isolat NTF dan Trichoderma viride isolat KLN dapat menekan keterjadian penyakit bulai, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman jagung. Kata kunci : Jagung, Peronosclerospora maydis, Trichoderma spp.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Pertanian > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknolgi
Depositing User: 94751160 . Digilib
Date Deposited: 29 Dec 2017 08:59
Last Modified: 29 Dec 2017 08:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29580

Actions (login required)

View Item View Item