KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KOTABUMI TAHUN AJARAN 2016/2017

Haipa Novia Putri, 1313041033 (2017) KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KOTABUMI TAHUN AJARAN 2016/2017. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (655Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (872Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan berpidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi tahun ajaran 2016/2107. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan berpidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik dokumentasi dan observasi nonpartisipan. Data penelitian berupa kemampuan berpidato pada aspek kebahasaan dan nonkebahasaan yang meliputi, ketepatan ucapan, intonasi, pilihan kata, sikap yang wajar (tenang dan tidak kaku), mimik/ gerak-gerik, kelancaran, dan penguasaan topik. Subjek populasi penelitian terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 195 siswa, sedangkan sampel penelitian diambil 20% dari populasi, sehingga diperoleh jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 40 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek kebahasaan menunjukan nilai terendah terdapat pada aspek pemilihan kata dengan skor rata-rata 65,5% dan pada aspek nonkebahasaan nilai terendah terdapat pada aspek kelancaraan dengan skor rata-rata 66,5% termasuk dalam kategori cukup, sedangkan pada aspek kebahasaan dan nonkebahasaan nilai tertinggi terdapat pada aspek intonasi dengan skor rata-rata 70,5% dan aspek mimik/gerak-gerik dengan skor rata-rata 72% termasuk dalam kategori cukup. Simpulan dari hasil penelitian yang diperoleh pada kemampuan berpidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi tahun pelajaran 2016/2017 secara keseluruhan termasuk dalam kategori cukup, dengan skor rata-rata 69%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 75429698 . Digilib
Date Deposited: 02 Jan 2018 06:45
Terakhir diubah: 02 Jan 2018 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29599

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir