KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 1 CANDIPURO LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017

FRANSISKA RETNO WIDIARTI, 1213041037 (2017) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 1 CANDIPURO LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (520Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (692Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kesantunan berbahasa dalam interaksi pembelajaran antara guru dan siswa mata pelajaran Biologi kelas VIII di SMP Negeri 1 Candipuro Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam interaksi pembelajaran antara guru dan siswa mata pelajaran Biologi kelas VIII SMPN 1 Candipuro Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah kumpulan tuturan yang dituturkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan total data yang menaati maksim-maksim kesantunan bertutur adalah sebanyak 67 data. Tuturan antara guru dan siswa yang menaati maksim-maksim kesantunan bertutur yang paling dominan ditemukan adalah tuturan yang menaati maksim kesepakatan. Tuturan yang menaati maksim kerendahan hati yang paling sedikit ditemukan dalam penelitian ini. Tuturan yang melanggar maksim kesantunan ditemukan dalam penelitian ini berjumlah 34 data. Kesantunan bertutur antara guru dan siswa dalam tindak tutur langsung ditandai dengan ungkapan penanda kesantunan, pada penelitian ini ditemukan dengan jumlah data sebanyak 25 tuturan dengan ungkapan penanda kesantunan. Tuturan yang menggunakan penanda kesantunan ayo dan coba paling dominan ditemukan dalam penelitian ini, sedangkan tuturan yang menggunakan penanda kesantunan tolong dan biar paling sedikit ditemukan dalam penelitian ini. Kesantunan bertutur guru dan siswa dalam tindak tutur tidak langsung dilakukan dengan dua bentuk tuturan yaitu secara deklaratif dan interogatif. Tuturan deklaratif sebagai ekspresi kesantunan pragmatik suruhan paling dominan ditemukan dalam penelitian ini, tuturan deklaratif sebagai ekspresi kesantunan pragmatik permohonan dan tuturan interogatif sebagai ekspresi ajakan paling sedikit ditemukan dalam penelitian ini. Total data kesantunan pragmatik adalah 43 data. Kata kunci: kesantunan, interaksi pembelajaran, maksim.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 24634518 . Digilib
Date Deposited: 02 Jan 2018 07:18
Terakhir diubah: 02 Jan 2018 07:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29603

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir