PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HOLONG SIMANJUNTAK, 1013033079 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1744Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1453Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya minat belajar siswa merupakan salah satu factor menurunnya hasil belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan hal yang penting dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah Model pembelajaran artikulasi, peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran artikulasi karena model tersebut menuntut siswa untuk aktif selama berlangsungnya proses belajar-mengajar. Dengan Model ini siswa diharapkan aktif berfikir kritis dan tidak malu mengemukakan pendapatnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Berpengaruh terhadap meningkatnya minat belajar siswa kelas XI IPS 4 SMAN 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran artikulasi terhadap meningkatnya minat belajar siswa kelas XI IPS 4 SMAN 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode Penelitian eksperimen ini menggunakan Desain Penelitian One Grup Pretest Postest Design. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus uji T.Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh/ Sensus. dengan sampel 27 siswa XI IPS 4 SMAN 13 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian setelah dianalisis, siswa sangat tertarik pada kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Artikulasi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan minat siswa sebelum menerapkan dan setelah diterapkannya model pembelajaran. Pada pertemuan sebelum penerapan model pembelajaran ada 1 siswa dengan persentase 3.70% pada kategori sangat tinggi. Setelah menerapkan model pembelajaran artikulasi ada 12 siswa dengan persentase 44.44% pada kategori sangat tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Berpengaruh Terhadap Meningkatnya Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS 4 SMAN 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 06067079 . Digilib
Date Deposited: 04 Jan 2018 08:17
Terakhir diubah: 04 Jan 2018 08:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29620

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir