UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DATARAJAN KECAMATAN ULUBELU KABUPATEN TANGGAMUS

Sunarti, 1013127042 (2017) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DATARAJAN KECAMATAN ULUBELU KABUPATEN TANGGAMUS. universitas lampung, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1828Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1756Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Datarajan Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Datarajan Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrument berupa lembar pengamatan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV, hal ini ditunjukan berdasarkan presentase peningkatan kinerja guru, pada siklus I mencapai 81,81 % dan pada siklus II mencapai 87,27 %. Demikian juga pada hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 58,13 % dalam kategori tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 81,39 % dalam kategori tuntas belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kels IV SD Negeri 1 Datarajan Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus. Kata kunci : hasil belajar, diskusi kelompok.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 17776184 . Digilib
Date Deposited: 03 Jan 2018 06:34
Terakhir diubah: 03 Jan 2018 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29639

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir