PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 2 ENDANG REJO

AHMAD NASIKUN , 1113053003 (2017) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 2 ENDANG REJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2867Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2867Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri 2 Endang Rejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode problem solving. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tahap setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan metode problem solving dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori “cukup aktif” dengan kriteria keakifan “sedang”, meningkat pada siklus II menjadi “sangat aktif” dengan kriteria keakifan “sangat tinggi”. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai predikat “baik” mengalami peningkatan nilai rata-rata pada siklus II dengan predikat “baik”. Peningkatan hasil belajar juga diikuti dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan belajar siklus I dengan kriteria ketuntasan “sedang”, meningkat pada siklus II dengan kriteria ketuntasan “sangat tinggi”. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, metode problem solving

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 70683598 . Digilib
Date Deposited: 03 Jan 2018 06:46
Terakhir diubah: 03 Jan 2018 06:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29641

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir