ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTY & REAL ESTATE YANG TERGABUNG DALAM INDEKS KOMPAS 100 BEI PERIODE 2009-2012

B.A.F.Manurung, HEDYTHA R. N. MANURUNG (2014) ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTY & REAL ESTATE YANG TERGABUNG DALAM INDEKS KOMPAS 100 BEI PERIODE 2009-2012. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (291Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (411Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (4Mb)

Abstrak

Harga saham merupakan ukuran indeks prestasi perusahaan, yaitu sejauh mana manajemen telah berhasil mengelola perusahaan atas nama pemegang saham. Mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi harga saham maka penelitian ini akan meneliti pengaruh profitabilitas yang diwakilkan oleh ROA (Return On Assets) dan struktur modal yang digambarkan oleh DER (Debt to Total Equity Ratio) terhadap harga saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan provitabilitas struktu modal dan harga saham serta menganalisis pengaruh provitabilitas dan struktur modal terhadap harga saham pada perusahaan property & real estate yang tergabung dalam indeks kompas 100 periode 2009-2012. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 9 perusahaan property & real estate selama 4 tahun, dimana metode yang digunakan adalah purposive sampling yaitu suatu metode pengambilan sampel yang mengambil obyek dengan kriteria tertentu. Analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan analisa regresi Pooled Least Square Common-Constant. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Perkembangan profitabilitas perusahaan sampel selama periode analisis dalam kategori baik karena sebagian besar ROA mengalami kenaikan setiap tahun (2) Perkembangan struktur modal perusahaan sampel selama periode analisis berada dalam kategori baik karena dominan DER mengalami penurunan setiap tahun (3) Perkembangan harga saham perusahaan sampel selama periode analisis berada dalam kategori baik, karena mengalami peningkatan yang stabil setiap tahunnya.Sedangkan untuk hasil regresi yang digunakan, secara parsial ROA berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham dan DER tidak berpengaruh terhadap harga saham. Besarnya koefisien determinasi (R square) adalah 0,1520 yang artinya 15% variabel dependen yaitu harga saham dapat dijelaskan oleh 2 variabel independen yaitu ROA dan DER, sedangkan sisanya sebesar 85% harga saham dijelaskan oleh variabel atau sebab sebab lain diluar model. Kata Kunci : Harga saham, Return on Assets (ROA), Debt to Total Equiti Ratio (DER)

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HG Finance
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Robidin
Date Deposited: 11 Jan 2014 04:09
Last Modified: 11 Jan 2014 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item