PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONSTEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester

SYAIFUDDIN , 1523021013 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONSTEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1321Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2350Kb)

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan lembar kerja berbasis kontekstual serta mengetahui keefektifannya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy matematis. Tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, persiapan penyusunan lembar kerja, Validasi lembar kerja, uji lapangan awal, dan uji lapangan. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 30 Bandar Lampung. Penelitian ini dirancang dengan rancangan a Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang menggunakan LKPD berbasis kontekstual lebih interaktif, lebih mampu memecahkan masalah matematika sesuai dengan langkah-langkahnya; (2) siswa yang menggunakan LKPD berbasis kontekstual lebih percaya diri dan lebih interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan LKPD berbasis kontekstual lebih baik daripada peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan LKPD berbasis kontekstual masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata N-Gain 0,71. Sedangkan peningkatan self efficacy peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis kontekstual dikategorikan sedang dengan rata-rata N-Gain 0,57. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disarankan agar guru menggunakan lembar kerja berbasis kontekstual sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan Self-Efficacy matematis. Kata kunci: LKPD, konstektual, pemecahan masalah, self efficacy. ABSTRACT This development research aimed to producting design of worksheet based on contextual and to know its effectiveness in improving problem solving ability and mathematical self efficacy. These stages of development start from preliminary studies, preparation of Worksheets, Validation of Worksheets, initial field trials, and field tests. The subjects of this research was the students of SMP Negeri 30 Bandar Lampung. This research was designed with a Non Equivalent Pretest- Posttest Control Group Design. The results showed that (1) the students who use contextual based on worksheets more interactive, more able to solve mathematical problems in accordance with the steps; (2) the students who use contextual based on worksheets more confident and more interactive. The results of this research showed that problem solving ability of student using contextual based on worksheet was better than learners with conventional learning. Improved students' mathematical problem solving ability by using contextual based on worksheet including high category with N-Gain average of 0,71. While improving self efficacy of learners by using contextual based on worksheet including medium category with N-Gain average of 0.57. Based on the results of research and data analysis suggested that teachers use contextual based worksheets as an alternative to improve problem solving ability and mathematical Self-Efficacy. Keywords: worksheet, contextual, problem solving, self efficacy.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 21144730 . Digilib
Date Deposited: 04 Jan 2018 07:00
Last Modified: 04 Jan 2018 07:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29700

Actions (login required)

View Item View Item