HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI

CINDY PRAMEDITA, 1343053004 (2017) HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1378Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1379Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling ( Area Sampling ) dan Simple Random Sampling . Sehingga, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 148 siswa kelas IV. Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar IPS, koefisien korelasi 0,476. (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,476 lebih besar dari rtabel 0,161. Kata Kunci: bimbingan orang tua, prestasi belajar, pembelajaran IPS. abstract Problems in this study is still low student achievement on social studies subjects. The purpose of this research is to know the relationship between parental guidance with student learning achievement social studies. Research method used in this research is research. The population in this study is all students of class IV. Sampling technique used is Cluster Sampling (Area Sampling) and Simple Random Sampling. So, the sample in this study was 148 students of class IV. The results of the study explain that (1) there is a positive and significant relationship between parental guidance with social studies learning achievement, correlation coeficient 0,476. (2) there is positive and significant correlation between parental guidance with social studies learning achievement with correlation coeficient 0.476 bigger than rtabel 0,161. Keywords: parental guidance, learning achievement, social studies learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 70233724 . Digilib
Date Deposited: 04 Jan 2018 08:25
Terakhir diubah: 04 Jan 2018 08:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29709

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir