PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

I KETUT KANTIA, 1523041007 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1105Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Banjit Kabupaten Way Kanan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) rencana pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran, dan (4) peningkatan pembelajaran menulis melalui model Coopretive Integrated Reading And Composition (CIRC). Manfaat penelitian ini adalah menumbuhkan aktivitas dan motivasi belajar peserta didik; memperluas wawasan dan pengetahuan bagi guru/peneliti; dan memberikan kontribusi bagi kepala sekolah untuk menentukan kebijakan sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ), yang proses kajian berdaurnya terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dan setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan tes hasil belajar. Pembahasan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mencermati semua catatan atau rekaman data untuk dijadikan landasan melakukan refleksi. Hasil analisis data disajikan secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada setiap siklus tampak ada peningkatan, sebagai berikut. (1) Rencana pembelajaran melalui model CIRC, pada siklus I, hasil penilaian RPP sebesar 77,18, dan pada siklus III sebesar 97,73 dengan kategori amat baik, (2) Pelaksanaan pembelajaran, pada siklus I hasil penilaian proses sebesar 82,19, dan pada siklus III sebesar 95,86 dalam kategori sangat baik. (3) Hasil penilaian kemampuan menulis, pada prasiklus, siklus I, II, dan III masing-masing diperoleh nilai rata-rata sebesar 58,86; 67,76; 75,05; dan 87,24. (4) peningkatan kegiatan pembelajaran secara keseluruhan, baik dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, pada siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan yang signifikan. Kata kunci : kemampuan menulis, model CIRC, hasil belajar abstract Problem raised in this study is the low writing ability students of class VIII SMP Negeri 2 Banjit Kabupaten Way Kanan, academic year 2016/2017. This study aims to describe (1) lesson plans, (2) implementation of learning, (3) assessment of learning, and (4) improvement of writing learning through Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model. The benefits of this research are fostering students’ activity and learning motivation; broadening insights and knowledge for teachers / researchers; and contributing the principal to determine school policies to improve the quality of learning, especially writing lessons. This research uses classroom action research, where the process of cycling study consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. This action is carried out in three cycles, and each cycle consists of two meetings. Meanwhile, the data are collected through observation and the result of learning test. Data discussion in this study is done by looking at all records or recorded data for the basis of reflection. The results of data analysis are presented qualitatively descriptive. The results of this study indicate that in each cycle there are increases in (1) learning plan through CIRC model, in the first cycle the result of RPP assessment is 77.18, and in the third cycle is 97.73 with a very good category. (2) Implementation of learning, in the first cycle the result of assessment process is 82.19, and in the third cycle is 95.86 with a very well category. (3) The result of the writing skill assessment in cycle I, II, and III obtained an average score of 67,76; 75,05; and 87.24. (4) overall, learning activities, include learning planning, learning implementation and learning assessment, from cycle I, cycle II, and cycle III experienced a significant increase. Keywords: writing ability, CIRC model, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 87037532 . Digilib
Date Deposited: 04 Jan 2018 07:50
Terakhir diubah: 04 Jan 2018 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29712

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir