Liza Yulisna, 1223012027 (2014) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus di SMPN 3 Kotabumi Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara). UNSPECIFIED.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (477Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (531Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (457Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (590Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (301Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (341Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (70Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: Pengelolaan kurikulum dan pembelajaran dalam implementasi MBS, Pengelolaan kesiswaan; Pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan; Pengelolaan sarana prasarana; Pengelolaan pembiayaan; Pengelolaan Humas; Pengelolaan lingkungan dan budaya. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data adalah kepala sekolah SMPN 3 Kotabumi Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara, guru, tata usaha, ketua komite dan siswa. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu membandingkan observasi dengan dokumen dan hasil wawancara. Hasil penelitian adalah: Pengelolaan kurikulum dan pembelajaran proses pembelajaran sudah berjalan meskipun terdapat kendala seperti sarana prasarana pendidikan, dan waktu pelaksanaan proses pembelajaran yang tidak sesuai jadwal; Pengelolaan kesiswaan sudah berjalan dengan cara siswa diberikan kesempatan menyalurkan bakat dan minat pada kegiatan ekstrakurikuler; Kendalanya terdapat siswa yang diterima melalui jalur bina lingkungan dan jumlahnya ditentukan serta untuk yang tidak menggunakan jalur tersebut melalui nilai STTB dan tes yang sudah disepakati; Pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan seperti Pembagian tugas berdasarkan SK. Kendalanya yaitu masih ada guru yang mengajar tidak linier dengan kualifikasi dengan ijazah yang dimiliki; Pengelolaan sarana prasarana sesuai dengan kebutuhan, namun terdapat kendala yaitu siswa belum seutuhnya sadar untuk menjaga dan merawat fasilitas seperti menjaga dan sungkan membersihkan atau merawat jika tidak dikomando oleh guru; Pengelolaan pembiayaan masih menemukan kendala, mengingat biaya tak terduga yang alokasi dana tidak masuk dalam anggaran.; Pengelolaan Humas esensi hubungan sekolah-masyarakat adalah untuk meningkatkan keterlibatan, kepedulian, kepemilikan, dan dukungan dari masyarakat, terutama dukungan moral dan finansial. Kendalanya yaitu masih ada guru dan murid yang tidak datang saat rapat; Pengelolaan lingkungan dan budaya menciptakan suasana kondusif dalam lingkungan sekolah berupa norma-norma seperti solat duha bersama, awal bulan pada hari jumat diadakan bersih-bersih kelas dan lingkungan sekolah bersama dan lomba kebersihan kelas dipandu oleh wali kelas masing-masing. Kendalanya masih ada warga sekolah yang tidak mendukung program sekolah terkait pembinaan lingkungan dan budaya seperti pembuangan sampah organik dan an organik ke dalam kotak sampah yang telah disediakan. Kata kunci: Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah The purpose of this research is to describe and analyze: Curriculum and learning SBM, management of students, management educators and educational, facilities management, finance management, management of public relations, enverontmental managemrnent and culture. This research kind qualitative with case study plan, with data collecting technique passes observation, documentation and interview. data source headmaster smpn 3 Kotabumi district Kotabumi south regency floats north, teacher, administration, committee chairman and student. data validity verification is done with triangulating, that is compare observation with document and interview result. Result of research are Management of curriculum and study of study process have walked though there are constraint like medium of prasarana education, and time execution of inappropriate study process of schedule; Management of student have walked by student given by opportunity channel enthusiasm and talent at extracurricular activity; Its constraint there are accepted student throug] band construct environment and amount is determined and also for the things donot use the the band through value of STTB and of tes which have been agreed on; Management of educator energy and of kependidikan like Division of duty pursuant to SK. Its Constraint that is there is still learn which teaching is not linear with kualifikasi with diploma had; Management of medium of prasarana as according to requirement, but there are constraint that is student not yet as intact as conciousness to take care of and take care of facility like taking care of and sungkan clean or take care of otherwise commanded by teacher; Management of defrayal still find constraint, considering contingency which fund allocation] not enter in budget.; Management of Liaison of esensi relation of sekolah-masyarakat is to improve involvement, caring, ownership of, and support of society, especially moral support and of finansial. Its constraint that is there is still learn and pupil which do not come meeting moment; Management of culture and environment create atmosphere of kondusif in environment go to school in the form of norms like duha solat with, early month;moon on jumat performed by class cleannesss and environment go to school with and race hygiene of class guided by each class sponsor. Its constraint of school citizen which there is still do not support relevan school program of construction of culture and environment like dismissal of organic garbage and organic an into garbage box which have been provided. Key words: the implementation, of school based management
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan |
Pengguna Deposit: | 507701 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Aug 2014 07:09 |
Terakhir diubah: | 30 Oct 2015 03:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2974 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |