PENGEMBANGAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP IPA

Bertiayu Ceriasari, 1423025003 (2017) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP IPA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2042Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1255Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKS berbasis discovery learning yang memiliki validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa. Penelitian pengembangan ini meliputi tiga tahap, yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan pengujian. Pengembangan model dimulai dari mendesain model sampai implementasi model. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, angket, skala dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran, respon siswa terhadap penggunaan LKS hasil pengembangan, dan kemampuan metakognisi siswa yang dianalisis secara deskriptif, data kuantitatif berupa hasil tes penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validitas LKS berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep IPA siswa telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan; 2) Keterlaksanaan pembelajaran dengan LKS berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa memiliki kriteria sangat tinggi ditinjau dari keterlaksanaan dan respon siswa; 3) Keefektivan LKS berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa memiliki kriteria yang tinggi ditinjau dari persentase rata-rata kemampuan metakognisi kelas eksperimen 1 sebesar 76,63% kelas eksperimen 2 sebesar 74,82%, n-Gain kelas eksperimen 1 sebesar 0,71 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,70, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada kelas eksperimen 1 sebesar 79% dan kelas eksperimen 2 sebesar 75%, serta aktivitas siswa dengan kriteria sangat tinggi pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 yaitu sebesar 84,62% dan 82,85%. Kata kunci: Discovery Learning, Kemampuan Metakognisi, Penguasaan konsep. ABSTRACT The research aims was to develop student worksheets based on discovery learning which were valid, practicable, and effective to improve metacognition ability and concept mastery students. This research includes the development of three steps namely preliminary study, the development of student worksheets and testing. Model development starts from designing the model until implementation of the model. Data collection using observation, questionnaires, scale and test. Data analysis technique used qualitative and quantitative descriptive analysis. Qualitative data in the form of the ability of teachers in mananging learning, student activities in learning, students responses to the use of student worksheet results of development, and ability metacognisi students who analyzed descriptively, quantitative data in the form students mastery of concepts. The results show that (1) the developed student worksheet based discovery learning to improve the ability of metacognition and students mastery of concepts was valid and fit for use; (2) Enforceability learning of the student worksheets learning to improve the ability of metacognition and students mastery of concepts is very high in terms of enforceability and students reponses; (3) The effectiveness of student worksheet based discovery learning to improve the ability of metacognition and students mastery of concepts has highly effectiveeness in terms of percentase avarage of the ability of metacognition of experiment class 1 is 76,63% and experiment class 2 is 74,82%, n-Gain of experiment class 1 is 0,71 and experiment class 2 is 0,70, teachers ability to manage learning of experiment class 1 is 79% and experiment class 2 is 75%, and student activity in learning is very high in experiment class 1 and experiment class 2 are 84,62% and 82,85%. Keywords: discovery learning, metacognition ability, mastery of concepts.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > L Education (General) = Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: 96669583 . Digilib
Date Deposited: 11 Jan 2018 08:31
Last Modified: 11 Jan 2018 08:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29766

Actions (login required)

View Item View Item